Gedebog Pisang, Limbah di Indonesia Berharga Mahal di Amerika

Pertanianku — Pohon pisang sangat mudah tumbuh dengan subur di Indonesia, bahkan bisa dijumpai di tanah-tanah kosong yang tidak terurus. Selama ini, masyarakat hanya memanfaatkan bagian buah, daun, dan jantung buahnya saja. Kalau bagian tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Namun, tahukah Anda bahwa bagian gedebog pisang yang selama ini dianggap limbah di Indonesia justru berharga mahal di Amerika Serikat.

gedebog pisang
foto: pixabay

Gedebog pisang ukuran kemasan kecil dihargai cukup tinggi di supermarket Hornbill Asian Market, Amerika Serikat, yaitu $5,95, kurang lebih setara dengan Rp85.000. Harga ini hampir setara dengan sekilo daging sapi di Indonesia.

Masyarakat Indonesia masih jarang yang memanfaatkan gedebog pisang secara optimal, hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari gedebog pisang. Simak ulasan berikut ini!

Kandungan nutrisi

Tidak hanya bagian buah dan daunnya, bagian batang pohon pisang mengandung nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, seperti mineral, vitamin A, B1, C, karbohidrat, serat, lemak, dan protein. Kandungan tersebut bisa bermanfaat untuk mengobati sakit kuning, ambeien, sakit perut, anemia, diabetes, luka bakar, dan merawat kecantikan kulit.

Pakan ternak alternatif

Di dalam batang pisang terdapat bahan kering, abu, lemak kasar, serat kasar, protein kasar, asam amino, amine nitrat, glikosida, glikipida, vitamin B, asam nukleat, BETN, dan karbohidrat. Gedebog ini bisa dimanfaatkan unutk pakan terna, sehingga biaya pakan akan jauh lebih efisien dan hemat. Bahan yang dibutuhkan tidak begitu rumit, seperti batang pisang, singkong, dedak halus, garam, tetes tebu, mikroorganisme cair EM4, dan air.

Bahan baku mebel

Kulit pelepah pada batang pisang jenis apa pun bisa digunakan sebagai bahan baku mebel. Kulit bagian terluar yang berwarna kemerahan dan keras biasanya digunakan sebagai bahan mebel yang memberikan corak atau dekorasi. Sementara itu, pelepah yang berada di bagian terluar dan berwarna putih kekuningan bisa diperuntukkan juga untuk mebel dengan warna yang sama. Berdasarkan hasil pengujian, zat warna pada pelepah rata-rata baik.

Baca Juga:  Mengenal Varietas Bunga Krisan yang Cantik

Pupuk tanaman

Sebenarnya, batang pisang bisa dibiarkan membusuk secara alami dan menjadi kompos untuk tanah. Namun, proses pengomposan akan jauh lebih cepat dan berjalan baik jika batang tersebut diolah dengan cara dipotong kecil-kecil lebih dulu. Anda juga bisa mencampur kompos dengan unsur lain untuk memperkaya unsur hara dalam kompos.

Camilan

Camilan dari gedebog pisang? Memangnya ada? Salah seorang pengusaha asal Klaten Tengah berhasil mengolah pelepah pisang menjadi camilan yang gurih, renyah, dan pastinya bisa menjadi peluang bisnis baru yang masih jarang dilirik. Selain lezat, tentunya camilan ini juga menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

 

 


loading...