Gedung Perkantoran Disulap Menjadi Lahan Pertanian


Pertanianku – Membuat sistem pertanian di kota besar Jepang hampir tidak mungkin dilakukan, karena terbatasnya lahan. Namun, keterbatasan ini tidak menjadi halangan untuk membuat pertanian di perkotaan. Sebuah konsep pertanian perkotaan muncul di Jepang. Tidak hanya bangunan eksterior yang dihijaukan, di dalamnya pun juga terdapat lahan pertanian yang benar-benar dapat menghasilkan sayuran dan buah.

Gedung Perkantoran Disulap Menjadi Lahan Pertanian Di Tokyo terdapat bangunan sebuah perusahaan rekrutmen multi-nasional. Ketika perusahaan ini membutuhkan kantor baru, mereka menyewa arsitek kenamaan Jepang Yoshimi Kono untuk membantu merenovasi. Bangunan 9 lantai ini dihiasi berbagai tanaman sayur dan buah yang terdapat di dinding-dinding, baik di dalam dan di luar bangunan.

Di dalam gedung perkantoran ini terdapat fasilitas pertanian perkotaan yang menempati sekitar 20% dari seluruh ruang kantor meliputi 200 jenis buah-buahan, sayuran, dan padi. Para pekerja kantor secara bergiliran serta dibantu oleh ahli pertanian menjaga dan memanen hasil pertanian. Sebagian besar hasil pertanian nantinya akan disajikan di kantin kantor untuk para karyawan.

Gedung Perkantoran Disulap Menjadi Lahan Pertanian

Mengaplikasikan sistem pertanian hidroponik, tanaman dan karyawan kantor saling berbagi ruangan. Contohnya, tanaman tomat yang tergantung di atas meja rapat, pohon yang digunakan sebagai partisi ruang untuk pertemuan, daun salad yang tumbuh di dalam ruang seminar, dan tauge yang tumbuh di bawah bangku. Lobi utama juga dilengkapi dengan sawah dan tanaman brokoli. Fasilitas pertanian hidroponik ini dilengkapi dengan HEFL, yakni lampu neon dan LED dan sistem irigasi otomatis.

Sebuah teknologi kelembaban udara yang canggih mampu mengendalikan iklim, suhu dan angin untuk menyeimbangkan kenyamanan manusia selama berada di kantor dan mengoptimalkan pertumbuhan tanaman setelah jam kerja. Teknologi yang digunakan mampu memaksimalkan hasil.

Baca Juga:  Rutin Makan Buncis Bisa Menambah Energi

Sistem pertanian perkotaan tidak hanya menampilkan keindahan estetika dan visual. Kantor yang diberi nama Pasona ini adalah sebuah konsep luar biasa bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk meningkatkan produktivitas dan kesehatan mental karyawan yang bekerja di tempat ini. Selain itu, keberadaan Pasona dapat menjadi sarana untuk menjalin interaksi sosial yang melibatkan masyarakat luas dengan menampilkan manfaat dan teknologi pertanian perkotaan.

loading...
loading...