Gejala Ayam Kampung Sedang Sakit

Pertanianku — Terkadang peternak pemula cukup sulit mendeteksi penyakit yang diderita oleh ayam kampung. Padahal, untuk mengobati ayam kampung sakit harus dilakukan berdasarkan penyakit yang menyerangnya. Oleh karena itu, Anda harus melakukan analisis dengan tepat untuk menentukan penyakit yang menyerang. Berikut ini beberapa gejala umum yang menunjukkan ayam kampung sedang sakit.

ayam kampung sakit
foto: pertanianku

Tidak nafsu makan

Hampir semua penyakit yang menyerang ayam kampung dapat membuat ayam menjadi tidak nafsu makan. Namun, jika ayam kampung tidak menunjukkan gejala lain selain nafsu makan yang menurun, mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh kondisi ransum yang kurang baik, stres, dan suhu kandang sedang panas.

Penanganan yang seharusnya dilakukan adalah periksa kualitas ransum. Jika memang benar kualitas pakan yang digunakan kurang baik, ganti ransum tersebut. Berikan tambahan vitamin ke dalam pakan. Jika pakan yang digunakan sudah cukup baik, coba periksa suhu di dalam kandang dan perbaiki ventilasi kandang.

Tingkat kematian tinggi

Tingkat kematian yang tinggi bisa karena ayam kekurangan pakan dan minum, kondisi kandang kotor, ayam terkena wabah penyakit yang ganas seperti tetelo, flu burung, dan IB.

Tingkat kematian yang tinggi bisa diatasi dengan menambahkan pakan dan minum, jaga sanitasi di dalam kandang dengan menggunakan disinfektan untuk membunuh bibit penyakit, serta lakukan vaksinasi dan pengobatan yang tepat.

Ayam kampung saling mematuk

Ayam kampung memiliki sifat kanibal sehingga ketika mengalami kekurangan pakan, kondisi kandang terlalu padat, dan kekurangan zat protein serta mineral, ayam bisa saling mematuk satu sama lain. Luka patukan tersebut dapat membuat ayam menjadi infeksi dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Untuk menghindari ayam saling mematuk, tambahkan volume pakan yang diberikan, kurangi kepadatan di dalam kandang serta berikan suplemen mineral dan pakan.

Baca Juga:  Syarat Kandang yang Ideal untuk Ayam Petelur

Lemah dan lumpuh

Gejala penyakit ini bisa disebabkan oleh kurang pakan dan difesiensi mineral. Penanganan untuk ayam kampung yang sedang sakit adalah tambahkan volume pakan yang diberikan serta campurkan mineral mix ke dalam pakan.

Produksi menurun

Hasil produksi yang lebih rendah dari biasanya juga bisa menjadi gejala ayam kampung sedang sakit. Gejala ini bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi pembentuk telur yang biasanya terdapat di dalam pakan.


loading...