Gejala dan Proses Melahirkan pada Kambing


Pertanianku – Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seekor induk akan melahirkan perlu dipahami. Misalnya, ambing terlihat menjadi penuh, mengeras dan mengilap beberapa hari sebelum melahirkan. Namun, ada juga induk yang tidak menunjukkan perubahan pada ambingnya.

Kambing bunting_Cijeruk_Hendi_250811 (128)

Saat menjelang melahirkan vulva mulai membengkak dan terjadi relaksasi otot di daerah pinggul. Tanda akan melahirkan semakin jelas jika induk sering berbaring dan berdiri, gelisah di dalam kandang, menggesekkan kaki di lantai, sering memalingkan kepala ke bagian belakang tubuh, keluarnya cairan putih dari vulva, mengangkat ekor, dan mengeluarkan suara. Gejala tersebut dapat berlangsung singkat dalam beberapa jam atau berlangsung selama 12—24 jam. Apabila cairan yang keluar dari vulva berubah dari berwarna putih menjadi kemerahan, perlu penanganan kesehatan.

Tahapan berikutnya dalam proses melahirkan biasanya ditandai dengan keluarnya kantong air (air ketuban). Kantong air tersebut ada yang utuh atau pecah saat keluar. Kantong air kedua dapat juga muncul dengan warna cairan yang lebih gelap. Setelah kantong air keluar dari vulva, induk biasanya membaringkan diri, kemudian berdiri dan berbaring kembali. Hal ini dapat terjadi beberapa kali sebelum melahirkan. Anak biasanya akan lahir kurang lebih 30 menit setelah kantong air keluar atau pecah.

Peternak perlu menyiapakan kandang untuk induk-anak atau buat sekat dalam kandang untuk induk-anak yang akan melahirkan. Selain itu, peternak perlu memperhatikan apakah ternak membutuhkan bantuan atau tidak dalam mengeluarkan janin walaupun secara normal umumnya tidak membutuhkannya.

 

Sumber: Buku Bisnis Pembibitan Kambing