Gejala Tanaman Hidroponik Kekurangan Nutrisi

Pertanianku — Dalam sistem tanam hidroponik, kualitas tumbuh dan kembang tanaman sangat ditentukan oleh asupan nutrisi. Bila kekurangan unsur hara, tanaman akan mudah layu lalu mati. Gejala tanaman hidroponik kekurangan nutrisi yang paling awal bisa dideteksi dengan melihat kondisi daun.

Gejala tanaman hidroponik kekurangan nutrisi
Foto: Pixabay

Secara umum, gejala kekurangan nutrisi pada tanaman bisa dibedakan ke dalam lima tipe atau definisi unsur hara seperti berikut ini.

1. Klorosis


Loading...

Ini adalah keadaan yang sering terjadi pada bagian daun di mana jaringan di dalamnya mengalami kerusakan atau gagal membentuk klorofil. Warna daun yang tampak pada kondisi ini, yaitu berwarna kuning hingga putih pucat yang menyeluruh hampir ke sebagian atau seluruh bagian daun.

2. Nekrosis

Tipe kerusakan tanaman yang disebabkan oleh kerusakan sel di bagian daun. Biasanya kerusakan muncul di bagian tepi daun atau ujung daun.

3. Akumulasi antosianin

Kerusakan yang timbul di hampir semua bagian daun dan batang tanaman. Gejalanya ditandai dengan timbulnya warna biru, merah, hingga ungu. Gejala ini bisa muncul selama tanaman mengalami fase pertumbuhan.

4. Stunting

Ini adalah proses pertumbuhan tanaman yang mengalami kerdil ditandai dengan warna biru normal atau tua hingga kuning.

5. Tanaman tidak mengalami pertumbuhan

Kurang pertumbuhan baru atau tanaman tidak dapat mengalami pertumbuhan baru. Hasilnya, masalah ini akan mengakibatkan bagian tanaman seperti tunas, daun, dan ujungnya akan mati.

Baca Juga:  Cara Mudah Olah Tanah untuk Budidaya Selada Keriting
Loading...
Loading...