Gelar Pangan Nusantara Giring Pangan Lokal Menuju Dunia


PertaniankuGelar Pangan Nusantara (GPN) kembali digelar untuk yang ketiga kalinya. GPN kali ini mengusung tema “Menjadikan Pangan Lokal Nusantara Berdaya Saing Global”. Pertama kali, perhelatan yang berkaitan dengan pangan ini diselenggarakan tahun 2015 di Padang – Sumatera Barat dan GPN kedua tahun 2016 di Pontianak – Kalimantan Barat.

gelar pangan nusantara
Foto: Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian ini akan berlangsung pada 27 – 29 Juli 2018  di Kartika Expo, Balai Kartini – Jakarta, dari pukul 10:00 sampai 20:00 WIB.

Berdasarkan rilis yang diterima, Senin (16/7), kegiatan ini merupakan momen yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya, event ini diselenggarakan demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Penganekaragaman Konsumsi Pangan, serta meningkatkan apresiasi dan eksistensi pangan lokal Nusantara.

Gelar Pangan Nusantara tidak hanya bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan pangan lokal, sehingga mampu bersaing dengan produk pangan lainnya secara komersia.

Akan tetapi, juga sebagai upaya meningkatkan komitmen Pemerintah baik Pusat maupun Daerah dalam mendukung pengembangan industri pangan lokal.

Di samping itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wahana untuk menunjukkan berbagai hasil pengembangan pangan dan  kekuatan pangan lokal dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Di tengah banyaknya serbuan pangan dari luar, GPN menjadi sangat penting sebagai salah satu sarana dan bentuk media untuk memperkenalkan produk pangan lokal kepada masyarakat. Terutama konsumen dan industri pangan untuk meningkatkan pemasarannya, baik di dalam mapun luar negeri.

Diharapkan dengan digelarnya GPN ini produk pangan lokal nusantara tidak hanya mampu bersaing dengan produk dari luar, tetapi juga ‘Pangan Lokal Nusantara Menuju Dunia’.

GPN  menampilkan keanekaragaman pangan nusantara, baik dalam bentuk segar maupun olahan, dari sumber daya lokal di Indonesia, terutama aneka makanan khas masing-masing daerah. Selain itu, menampilkan juga hasil pemberdayaan masyarakat terkait upaya penganekaragaman pangan di daerah.

Baca Juga:  Tari Rampak Gendang Jadi Pembuka Acara ICAB 2018

Serangkaian acara GPN antara lainnya yaitu peserta yang akan hadir dan berpartisipasi aktif mengisi stand pameran GPN. Terdiri dari seluruh badan/kantor/instansi yang menangani ketahanan pangan di provinsi dan Kabupaten/kota, kementerian/lembaga pemerintah pusat, BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi, swasta terkait dengan pangan lokal di Indonesia.

Selain itu, diisi pula oleh pelaku bisnis/pengusaha/UKM/koperasi/iIndustri pangan lokal, serta pemerhati pangan lokal dan peserta lain yang terkait dan mendukung pengembangan pangan lokal.