Gempa 6,4 SR Guncang Bengkulu Tak Berpotensi Tsunami


Pertanianku – Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter (SR) mengguncang Bengkulu terjadi pada Minggu (13/8). Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat terjadinya gempa di pesisir barat Bengkulu ini tak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut disinyalir terjadi pada pukul 10.08 WIB dengan kordinat lokasi 3.75 Lintang Selatan – 101,56 Bujur Timur. Meski gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, tetap membuat warga setempat berhamburan ke luar rumah.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 6,4 SR terjadi dengan koordinat episenter pada 3,68 LS dan 101,69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36 km arah barat daya Kota Ketaun, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu pada kedalaman 58 km,” terang Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Moch. Riyadi, mengutip Detik, Minggu (13/8).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Dampak gempa bumi berdasarkan shakemap dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di Bengkulu, Bengkulu Utara, dan Kepahiang dalam skala intensitas II SIG-BMKG (V MMI). Guncangan juga dirasakan di Lubuk Linggau, Bengkulu Selatan, Kerinci, Liwa dalam skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI). Sementara di Pariaman, Tua Pejat, Mentawai, Pesisir Selatan, Padang dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI), termasuk Padang Panjang, Bukit Tinggi, Paya Kumbuh dalam skala intensitas I SIG-BMKG (I-II MMI),” ungkap Riyadi.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan warga sempat berhamburan ke luar rumah. Pihaknya mengimbau warga jangan panik dan tetap tenang.

Berdasarkan peta BMKG, dampak gempa meliputi Bengkulu, Bengkulu Utara, dan Kepahiang dalam skala intensitas II verai BMKG atau V MMI. Guncangan juga dirasakan di Lubuk Linggau, Bengkulu Selatan, Kerinci, Liwa dalam skala intensitas II versi BMKG atau IV MMI.

Baca Juga:  Belasan Kambing Mati Mendadak, Apa Penyebabnya Ya?

Sementara di Pariaman, Tua Pejat, Mentawai, pesisir selatan, dan Padang dalam skala intensitas II versi BMKG III MMI. Guncangan gempa itu juga terasa hingga Padang Panjang, Bukit Tinggi, Paya Kumbuh, dengan skala intensitas I versi BMKG atau sekitar I-II MMI.

loading...
loading...