Gerakan Gemar Tanam dan Konsumsi Buah dan Sayuran Optimalkan Pemanfaatan Lahan

Pertanianku — Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mencanangkan Gerakan Gemar Tanam dan Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran pada Festival Hortikultura yang dilaksanakan pada Sabtu (2/2). Gerakan ini bertujuan mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Gerakan Gemar Tanam dan Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran
Foto: Pixabay

Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi menyebutkan Kementan mampu mewujudkan gerakan tanam dan konsumsi tersebut. 

“Festival Hortikultura sangat bagus, semua pelaku pertanian dan usaha kumpul di sini. Berbagai kegiatan dalam festival, sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran sulaiman, saya namakan gerakan tanam dan konsumsi sayuran dan buah lokal,” kata Suwandi di Jakarta (3/2) seperti dikutip dari Republika.

Menurut Suwandi komoditas hortikultura seperti cabai bisa ditanam di pekarangan atau lahan tidur perkotaan. Selain itu, bisa juga ditanam dengan menggunakan pot atau polibag. Dengan menanam dan mengonsumsinya sendiri, mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

“Gemar mengonsumsi buah dan sayuran lokal kaya akan vitamin dan mineral untuk kesehatan dan stamina tubuh,” ujarnya.

Kementan juga akan memberikan bantuan dengan memfasilitasi benih buah dan sayuran serta sarana pendukungnya. Hasil panennya bisa diolah lebih lanjut untuk menambah nilai jual.

“Misalnya buah durian, alpukat, atau pisang diolah menjadi penganan seperti piza, kue kering, dodol, kripik serta aneka jus,” tuturnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyambut baik gerakan tanam dan konsumsi buah dan sayuran. Gerakan ini sangat cocok untuk Pandeglang karena mayoritas masyarakatnya memang mengembangkan sektor hortikultura seperti buah dan sayuran.

“Kami punya semangat yang tinggi dan banyak belajar dari kabupaten lain yang telah sukses. Jadi kita terus dorong dan akan ada pengelompokan daerah strategis dalam pengembangan hortikultura,” tutur Irna.

Di Festival Hortikultura ini kelompok wanita tani di Pandeglang memamerkan berbagai olahan makanan berbahan dasar buah lokal seperti puding, sosis, dodol, dan lainnya.

Baca Juga:  Musim Kemarau Tiba, Petani Sayuran di Lembang Khawatir Kesulitan Air
Loading...