Gerakan Menanam Pakan Ternak Unggul untuk Meningkatkan Produktivitas Peternakan

Pertanianku — Kementerian Pertanian baru saja meluncurkan Gerakan Menanam (Gema) Tanaman Pakan Unggul dan Berkualitas. Gerakan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemanfaatan tanaman pakan ternak unggulan agar kualitas produksi dan produktivitas ternak dapat lebih baik dan meningkat.

pakan ternak unggul
foto: Pertanianku

Plt. Direktur Pakan Kementerian Pertanian, Makmun berharap agar program tersebut mampu meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya hijauan pakan ternak yang berkualitas.

“Saya menyambut baik atas terselenggaranya acara ini. Saya juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran peternak untuk menanam dan mengembangkan tanaman pakan berkualitas sehingga kebutuhan HPT berkualitas dapat terpenuhi,” ujar Makmun seperti dikutip dari laman dtijenpkh.pertanian.go.id.

Makmun menjelaskan, upaya penyediaan HPT berkualitas dapat dilakukan dengan pengembangan padang penggembalaan. Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu provinsi yang sangat berpotensi untuk dijadikan padang gembala, seperti di daerah Bima, Sumbawa, dan Dompu.

Lebih lanjut, Makmun juga memaparkan program pengolahan dan pengawetan hijauan dan biomassa yang didapatkan dari hasil samping pertanian ataupun perkebunan agar persediaan pakan hijauan pada musim kemarau tidak mengalami kendala. Pasalnya, kendala persediaan pakan hijauan di musim kemarau masih menjadi permasalahan yang kerap dirasakan oleh peternak.

“Oleh karena itu, sangat penting melakukan pengolahan dan pengawetan hijauan dan biomassa dari hasil samping pertanian ataupun perkebunan yang melimpah di musim penghujan dan panen untuk persediaan cadangan pakan pada saat musim kemarau,” papar Makmun.

Saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan besar dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat. Tingginya jumlah angka penduduk usia produktif menjadi peluang untuk meningkatkan konsumsi pangan. Namun, bisa menjadi ancaman apabila produsen pakan lokal tidak mampu menguasai peluang pasar karena ada banyak produk pangan asing yang siap berkompetisi.

Baca Juga:  Cara Tradisional Mengatasi Ternak Kembung

Oleh karena itu, Gerakan Penanaman dan Pengembangan Tanaman Pakan Berkualitas diadakan guna menstimulasi pemahaman masyarakat tentang pengembangan hijauan pakan berkualitas.

“Mari kita menanam tanaman pakan ternak unggul dan berkualitas di mana saja dan kapan saja. Ayo kita beternak sehingga kita tidak tergantung dari luar. Saya berharap sapi betina produktif dijaga betul-betul dan pakan perlu diperhatikan karena kebutuhan utama ternak adalah pakan,” papar Makmun.