Getah Pepaya dan Bawang Putih Atasi Gigitan Serangga Berbisa

Pertanianku — Serangga merupakan salah satu makhluk hidup yang umum dijumpai di sekitar pemukiman. Serangga ada yang memiliki bisa dan ada juga yang tidak berbisa. Untuk mengatasi gigitan serangga berbisa, Anda bisa menggunakan getah pepaya dan bawang putih.

gigitan serangga berbisa
foto: pixabay

Serangga menyuntikkan bisanya ke dalam kulit manusia merupakan bentuk pertahanan diri yang mereka lakukan terhadap sesuatu yang dinilai mengancamnya. Sebagian serangga biasanya menyuntikkan cairan yang mengandung asam format. Cairan tersebut dapat menyebabkan efek samping pada kulit seperti melepuh, peradangan, kemerahan, gatal, dan iritasi.

Seperti sengatan tawon yang menimbulkan rasa sakit seperti tertusuk benda tajam pada sesaat setelah digigit. Setelah beberapa jam bekas gigitan akan memerah dan bengkak. Bekas gigitan pun akan terasa gatal dan sakit, terkadang kondisi tersebut berlangsung selama satu minggu. Pada beberapa kasus, orang yang memiliki alergi akan mengalami reaksi yang serius seperti kesulitan bernapas, pusing, dan pada bagian tubuh tertentu membengkak.

Loading...

Semut pun ada yang mempunyai bisa atau racun, yaitu semut api. Semut ini sangat umum ditemukan di sekitar sudut rumah. Semut api yang menggigit manusia serta menyemprotkan racunnya dapat menyebabkan kulit kemerahan, bengkak, serta kulit terasa seperti terbakar selama 30 menit. Setelah itu, akan timbul lentingan. Meskipun dapat sembuh sendiri, proses penyembuhan memakan waktu cukup lama.

Serangan ulat bulu juga seringkali merepotkan. Serangga yang memiliki ribuan rambut kecil ini sangat mudah dijumpai di pekarangan rumah. Bulu ulat ini dapat menyebabkan ruam dan gatal.

Masyarakat pedalaman Hutan Harapan yang sering disebut sebagai masyarakat Batin Sembilan sering menggunakan bawang putih dan getah dari buah pepaya untuk menyembuhkan luka akibat gigitan serangga yang berbisa.

Baca Juga:  Sembuhkan Bisul Secara Alami dengan Herbal Ini

Pengolahan ramuan tersebut terbilang sangat sederhana. Getah pepaya hanya perlu untuk dikumpulkan tetes getahnya. Setelah itu, balurkan cairan getah ke daerah yang tergigit serangga.

Sementara, untuk membuat obat dari bawang putih hanya memerlukan bawang putih sebanyak 6 butir. Bawang putih dibersihkan terlebih dahulu, lalu digiling hingga halus. Gilingan bawang putih dapat dibalurkan ke bekas gigitan serangga. Setelahnya, dibalut dengan kain kasa.

 

Loading...
Loading...