Ginseng, Herbal Ajaib yang Sarat Manfaat Sehat


Pertanianku Gingseng, herbal ajaib ini sarat manfaat yang menyehatkan. Akar tanaman gingseng diyakini sanggup mengatasi beragam problem kesehatan. Ginseng merupakan salah satu dari 11 spesies tumbuhan tahunan yang bertumbuh dengan lambat dan memiliki akar berdaging.

Gingseng
Foto: Shutterstock

Herbal berbentuk akar ini bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit, bahkan ampuh untuk mencegah penyakit ganas seperti kanker. Berikut ini ulasan mengenai manfaat gingseng untuk kesehatan mengutip Deherba.

  1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh dan saraf

Para pakar obat herbal menyebutkan bahwa ginseng bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Gingseng memiliki kemampuan adaptogenik untuk membantu memelihara dan memperbarui sel-sel tubuh yang sanggup memperlambat proses penuaan. Ginseng juga dapat membantu Anda melawan infeksi virus influenza dan virus lainnya.

  1. Membantu pengobatan diabetes

Kadar gula darah dapat menurun setelah mengonsumsi ginseng. Tapi, apabila Anda sudah rutin mengonsumsi obat diabetes, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi ginseng dan obat dokter pada waktu bersamaan. Kombinasi antara ginseng dan obat medis bisa membuat kadar glukosa terlampau rendah yang justru membahayakan tubuh.

  1. Mencegah kanker

Chinese Medicine Journal mengungkapkan bahwa kandungan ginsenosides dalam ginseng memiliki kemampuan antitumor dan sanggup menginduksi kerusakan sel kanker prostat, sel kanker ovarium, sel adenokarsinoma paru-paru, serta sel neuroblastoma. Disamping itu, ginseng juga berkhasiat untuk menekan perkembangan siklus sel kanker sekaligus pertumbuhan sel kanker.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Dalam sejumlah penelitian, ginseng dibuktikan sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Para ilmuwan meyakini bahwa kandungan ginsenosides pada gingseng berperan penting dalam memberikan manfaat untuk mengurangi kolesterol.

  1. Merawat kesehatan kulit

Minum teh ginseng sangat bagus untuk rehidrasi dan membersihkan kulit secara efektif. Ginseng juga diyakini sanggup mendorong proses regenerasi sel kulit dengan meningkatkan oksigenasi sel-sel kulit. Hal ini pun ikut melancarkan sirkulasi darah serta detoksifikasi darah yang sangat vital bagi kesehatan kulit Anda.

Baca Juga:  Cara Menikmati Berondong Jagung dengan Sehat