GPN 2018 Sebagai Langkah Wujudkan Kedaulatan Pangan


Pertanianku — Gelar Pangan Nusantara (GPN) 2018 yang dilaksanakan pada 27—29 Juli 2018 nanti akan memperkenalkan produk pangan lokal pada masyarakat. Selain itu, GPN 2018 juga menjadi media untuk memperkenalkan berbagai produk tersebut kepada industri pangan dan langkah untuk wujudkan kedaulatan pangan Indonesia.

wujudkan kedaulatan pangan
Foto: bkp.pertanian.go.id

“Gelar Pangan Nusantara kali ini tidak hanya bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan pangan lokal sehingga mampu bersaing dengan produk pangan lainnya secara komersial, tetapi juga sebagai upaya meningkatkan komitmen pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam mendukung pengembangan industri pangan lokal,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (25/7).

Disamping itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wahana untuk menunjukkan berbagai hasil pengembangan pangan dan kekuatan pangan lokal dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

“Di tengah banyaknya serbuan pangan dari luar, GPN menjadi sangat penting sebagai salah satu sarana dan bentuk media untuk memperkenalkan produk pangan lokal kepada masyarakat terutama konsumen dan industri pangan, untuk meningkatkan pemasarannya di dalam dan luar negeri,” paparnya.

Agung mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan eksistensi pangan lokal Indonesia. Apalagi menurutnya Indonesia memiliki pangan yang sangat kaya dan beragam.

“Ada 77 jenis sumber karbohidrat, 75 sumber protein, 228 sayuran, dan 389 buah. Kita tahu kuliner sekarang berkembang luar bisa, ini yang akan kita dorong dan kita perbaiki kualitasnya,” ujar Agung.

Serangkaian acara GPN antara lain Gerakan Cinta Makanan Indonesia, Temu Bisnis, Pameran Pangan Nusantara, Talkshow, Bazar Pangan Murah dari Toko Tani Indonesia Centre (TTIC), Pojok Icip-Icip, Wisata Edukasi, Aneka Lomba. Hiburan (Band T-Koes), Games, dan Doorprize.

Agung berharap, melalui GPN ini produk pangan lokal nusantara semakin dikenal dan digemari masyarakat, juga mampu bersaing dengan produk dari luar.

“Semoga dengan adanya Gelar Pangan Nusantara ini bisa mendorong ekspor produk pangan lokal. Ini pun sesuai dengan arahan presiden dimana Indonesia harus mampu meningkatkan ekspor. Dalam tiga tahun terakhir ekspor di sektor pertanian meningkat sebesar 24%,” pungkasnya.

loading...
loading...