Green Concentrate, Pakan Ternak Ruminansia yang Terbuat dari Indigofera zollingeriana

Pertanianku — Pakan merupakan bagian penting dari usaha peternakan. Tak heran, banyak inovasi dan pilihan alternatif yang dimiliki oleh masing-masing peternak. Biasanya, setiap daerah memiliki formula pakan yang berbeda, bergantung pada sumber pakan yang tersedia. Indigofera zollingeriana atau legume sering digunakan sebagai pakan untuk ternak ruminansia.

Indigofera zollingeriana
foto: http://lolitkambing.litbang.pertanian.go.id/

Hijauan Indigofera zollingeriana juga sering diolah menjadi pakan suplemen, tunggal, silase, atau wafer untuk ternak kambing sejak 2016. Dalam tanaman ini terkandung protein kasar dan kandungan mineral yang tinggi sehingga ideal dijadikan pakan ternak perah seperti sapi atau kambing perah.

Serat yang terkandung dalam Indigofera zollingeriana juga baik untuk sistem pencernaan ternak ruminansia. Kelebihan lain yang dimiliki oleh tanaman ini adalah tahan terhadap musim kering, genangan air, dan salinitas.

Loading...

Indigofera zollingeriana memiliki tingkat kecernaan yang tinggi sekitar 77 persen. Anda bisa membuat tanaman ini menjadi konsentrat atau pakan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak. Green concentrate bisa menjadi pakan alternatif yang menarik. Selain bernutrisi tinggi, pakan ini juga mudah disimpan dan diberikan ke ternak.

Untuk membuat green concentrate, Anda membutuhkan Indigofera zollingeriana dan bahan konvensional lainnya untuk menghasilkan bentuk konsentrat yang bagus, menjaga nilai nutrisi, menjaga konsentrasi NH3 dan VFA, RUP, PTU, serta total gas. Komposisi antara hijauan indigofera dengan bahan konvensional adalah 90:10 persen.

Komposisi yang tepat dapat menghasilkan pelet konsentrat yang memiliki tingkat kecernaan tinggi, mampu membantu pertumbuhan ternak dengan baik, mengefisiensikan penggunaan ransum, dan membantu fermentasi rumen.

Ternak yang diberikan pakan berupa green concentrate dapat menghasilkan bobot potong, bobot karkas, dan persentase karkas yang baik.

Loka Penelitian Kambing Potong sudah mencoba untuk mengembangkan green concentrate yang dinilai lebih ekonomis utnuk kambing boerka yang sedang berada di fase bunting tua dan laktasi. Setelah diberikan pakan konsentrat ini, produksi susu kambing menjadi lebih stabil. Konsentrat juga diberikan ke anak kambing usia 3 bulan dengan rataan bobot 12 kg pada mortalitas 3 persen.

Baca Juga:  Lokasi Kandang Ayam Broiler yang Strategis

 

 

 

 

Loading...
Loading...