Gudang Beku Portabel Perkuat Industri Pemindangan Rakyat di Karawang

Pertanianku — Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) menyerahkan bantuan berupa gudang beku portabel berkapasitas 20 ton. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi Gabungan Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan (Gapoklahsar) Sri Rahayu di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

gudang beku portabel
foto; Pixabay

“Upaya ini merupakan langkah awal pengembangan usaha pemindangan berbasis kawasan untuk meningkatkan jejaring bisnis dan konektivitas usaha,” ujar Dirjen PDSPKP, Artati Widiarti seperti dilansir dari laman kkp.go.id.

Artati menilai, usaha pemindangan berpotensi untuk dikembangkan menjadi peluang bisnis. Pasalnya, ikan pindang telah menjadi salah satu makanan yang digemari masyarakat.

“Usaha ini juga merupakan kegiatan pengolahan yang secara nyata berperan strategis dalam pembangunan ekonomi perikanan,” tutur Artati.

Bantuan berupa gudang beku portabel diharapkan bisa menjadi pusat suplai bahan baku untuk pemindangan ikan di Karawang. Dengan begitu, produksi dan pendapatan para pemindang bisa meningkat. Dengan adanya gudang beku, biaya operasional penyimpanan dan harga bahan baku, serta mutu ikan dapat lebih terjaga kualitasnya sehingga produk-produk yang dihasilkan lebih diminati dan bernilai ekonomi tinggi.

“Bantuan gudang beku portabel merupakan salah satu upaya untuk menjamin kontinuitas pasokan bahan beku sekaligus mempertahankan mutu hasil perikanan,” paparnya.

Artati mengatakan, ke depannya jajarannya akan terus bersinergi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Karawang dan lembaga keuangan. Sinergi tersebut dibutuhkan untuk melakukan pendampingan usaha, baik dari segi manajemen usaha, permodalan, kemitraan, penguatan kelembagaan, maupun perluasan pasar.

Pendampingan yang dibutuhkan juga termasuk dalam aspek teknis, seperti penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Standard Sanitation Operating Procedure (SSOP). Pendampingan tersebut dibutuhkan untuk menghasilkan produk olahan yang memenuhi standar mutu produk pangan.

Sebagai informasi, jumlah pemindangan di Kabupaten Karawang pada 2020 sebanyak 5.401 rumah tangga. Total produksi pemindangan mencapai 31.163 ton per tahun.

Baca Juga:  Keunggulan Ikan Nila Nirwana

Selain gudang beku portabel, ada juga penyerahan bantuan secara simbolis Kupedes oleh BRI senilai Rp200 juta kepada pengelola gudang beku portabel dan dana bergulir LPMKUP sebesar Rp95 juta kepada 2 orang pelaku usaha pindang.