Gudang Pakan, Penting atau Tidak?

Pertanianku — Salah satu infrastruktur yang sering dijumpai pada beberapa peternakan adalah gudang pakan. Biasanya, gudang pakan selalu ada pada peternakan skala besar dengan jumlah ternak yang cukup banyak sehingga jumlah pakan yang dibutuhkan pun terbilang banyak. Oleh karena itu, peternakan tersebut membutuhkan ruangan untuk menyimpan pakan.

gudang pakan
foto: Pertanianku

Gudang pakan tidak hanya berfungsi untuk menyimpan pakan, tetapi juga berfungsi untuk menjaga kualitas pakan agar tidak mengalami kerusakan. Pakan dapat mengalami tiga kerusakan, yaitu kerusakan fisik, kimiawi, dan biologis.

Kerusakan fisik pada pakan dapat disebabkan oleh pengaruh suhu dan kelembapan yang tidak sesuai sehingga kadar air di dalam pakan meningkat. Ketidaksesuaian suhu dan kelembapan dapat mengurangi keaktifan vitamin A yang terdapat di dalam pakan sehingga pakan tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan vitamin A pada ternak.

Kerusakan kimiawi disebabkan oleh proses ketengikan lemak yang terdapat di dalam pakan sehingga lemak dan vitamin yang larut menjadi rusak.

Sementara itu, kerusakan biologis disebabkan oleh serangga, tikus, jamur, dan mikroorganisme yang dapat menyerang pakan. Misalnya, jamur Aspergillus yang mengontaminasi pakan dan menghasilkan racun aflatoksin yang berbahaya bagi ternak apabila dosisnya cukup tinggi. Tikus tidak hanya berbahaya karena memakan sebagian pakan, tetapi bisa mengontaminasi bahan baku pakan karena urine dan fesesnya.

Untuk menghindari seluruh kemungkinan kerusakan tersebut, Anda memerlukan gudang pakan, meskipun usaha ternak Anda masih dalam skala kecil. Usaha peternakan besar pasti membutuhkan gudang berukuran besar, sedangkan ternak skala kecil cukup menggunakan gudang berukuran kecil.

Gudang harus dirancang sesuai standar agar benar-benar dapat melindungi pakan ternak. Selain itu, tata cara penyimpanan pakan di dalam gudang harus benar-benar diperhatikan agar pakan yang disimpan tidak mengalami penurunan kualitas.

Baca Juga:  Pakan untuk Dongkrak Bobot Ayam Kampung

Gudang yang baik harus memiliki jumlah ventilasi yang tepat, tidak lembap, dan atap tidak bocor. Gunakan alas penyimpanan berupa palet untuk mencegah pakan bersentuhan langsung dengan lantai. Palet yang dapat digunakan terbuat dari kayu dengan ukuran seragam.