Gula Alami dari Buah-buahan Punya Manfaat yang tak Terduga


Pertanianku — Terlalu banyak mengonsumsi gula memang tidak baik bagi kesehatan. Akan tetapi, hal tersebut tak berlaku bagi gula yang terdapat pada buah-buahan. Gula alami dari buah-buahan justru dinilai memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Gula alami dari buah-buahan
Foto: Pixabay

Dilansir dari Coach Nine, para ahli banyak mengatakan bahwa, tubuh manusia membutuhkan lebih sedikit konsumsi gula buatan. Namun, lebih baik banyak mengonsumsi gula alami yang terdapat dari buah.

Gula buatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat memberikan efek buruk pada kesehatan misalnya menjadi penyebab utama kerusakan gigi dan obesitas. Kalori dari minuman yang mengandung gula tambahan juga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Maka dari itu, disarankan agar setiap orang tidak mengonsumsi lebih dari 10 persen kalori harian dari gula buatan. Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung gula tambahan seperti jus, minuman kemasan, biscuit, dan permen karet juga dikurangi. Pasalnya, makanan tersebut tinggi kalori dan hanya memiliki sedikit nilai gizi.

Dalam upaya memenuhi asupan gula harian, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah. Sebab, buah-buahan mengandung banyak nutrisi, kaya akan potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta flavonoid yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Contohnya saja pisang, buah dengan kandungan serat tinggi ini dibutuhkan tubuh dalam proses pencernaan. Rata-rata satu buah pisang mengandung 20—25 asupan serat harian yang direkomendasikan oleh para ahli nutrisi. Asupan serat yang cukup akan membantu melindungi usus dari serangan kanker.

Mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari dapat mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker, obesitas, dan penyakit jantung. Tak hanya itu, buah juga baik dikonsumsi bagi para pelaku diet sehat.

Bagi mereka yang menjalankan diet sangat disarankan untuk mengonsumsi buah seperti pisang, apel, jeruk, plum, dan aprikot. Sementara, untuk menghindari bahaya gula tambahan, dapat dilakukan dengan memperhatikan nilai gizi yang tercantum pada kemasan. Selain itu, hindari meminum minuman manis ketika sedang haus. Ada baiknya Anda meminum air putih saja.

Baca Juga:  Piraweh Ampalu, Varietas Baru Jambu Biji Kualitas Jempolan
loading...
loading...