Gunakan Pestisida Nabati untuk Basmi Siput Murbai

Pertanianku — Sudah sejak lama siput murbai dikenal sebagai hama yang mematikan bagi para petani. Tidak heran bila beragam cara dilakukan untuk membasmi keberadaan hama membandel yang satu ini. Kini, Anda tidak perlu lagi menggunakan pestisida kimiawi karena Anda dapat menggunakan pestisida nabati berikut.

siput murbai
Foto: freepik

Bahaya siput murbai mengintai tanaman padi yang baru ditanam. Hama ini mampu menggerogoti hingga habis tanaman padi yang baru berumur 15—30 hari hanya dalam waktu yang sangat singkat, yakni satu malam.

Nama Latin bagi siput mengerikan ini adalah Pomacea canaliculata Lamarck. Hama ini dikenal sangat rakus dalam menyerang berbagai jenis tanaman, terutama tanaman padi yang sedang memasuki fase vegetatif.

Loading...

Salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan para petani adalah mencabut satu per satu siput ini jika ditemukan keberadaannya. Selain itu, petani juga biasanya menggunakan muloskisida kimia dalam pemberantasan hama yang satu ini.

Sayangnya, muloskisida merupakan pembasmi hama dengan harga yang tidak ramah di kantong para petani. Spektrum sasarannya juga lebih luas, yakni tidak hanya membahayakan bagi hama siput murbai, tetapi juga dapat mengganggu organisme nontarget. Jika muloskisida ini masuk ke padi, bahayanya dapat dirasakan oleh manusia yang mengonsumsinya.

Cara tradisional yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya ini digunakan untuk mengumpulkan keong. Caranya adalah dengan membuat kubangan yang ditutup dengan daun pepaya di bagian atasnya. Siput murbai pun akan tertarik ke dalamnya. Jika sudah demikian, petani dapat lebih mudah mengambilnya.

Kini, para petani tidak perlu lagi khawatir dengan keberadaan siput murbai yang mencemaskan ini. Setidaknya, ada empat buah pestisida nabati yang diolah oleh Balai Besar Peramalan OPT guna membasmi hama tersebut.

Baca Juga:  Metode Ramli yang Efektif Basmi Hama dan Pangkas Dana

Pestisida nabati ini diperoleh dari ekstrak berbagai tanaman mematikan bagi hama. Beberapa jenis tanaman tersebut diperoleh dari akar tuba, daun mimba, daun sembung, dan umbi gadung. Siput murbai yang diatasi dengan pestisida ini akan langsung mati.

Semakin tinggi dosis yang diberikan, semakin banyak kemungkinan siput murbai mati. Dosis sebanyak 5 miligram dapat mengurangi populasi siput murbai hingga 50 persen dari total populasinya.

Loading...
Loading...