Gunung Agung Terus Mengeluarkan Lava dan Mengalir ke Kawah


Pertanianku — Saat ini, tercatat kondisi Gunung Agung terus mengeluarkan lava yang mengalir ke kawah gunung tertinggi di Pulau Bali itu.

Gunung agung terus mengeluarkan lava
Google Image

Aliran lava tersebut terindikasi oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) lewat sinar api yang terus terpantau pada malam hari sejak 25 November sampai Selasa (28/11).

“Aliran lava itu menyebabkan tergerusnya dinding pipa kawah,” kata Kepala Bidang Mitigasi PVMBG I Gede Suantika dikutip dari CNNIndonesia.

Disamping itu, PVMBG juga mencatat sampai saat ini Gunung Agung terus mengeluarkan abu tebal setinggi 4.000 meter. Suantika mengatakan, sebaran abu tebal yang awalnya mengarah ke tenggara dan timur atau menuju Lombok, kini berubah ke barat daya dan barat atau ke arah Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, abu tebal itu telah memenuhi lereng Gunung Agung yang bisa memicu terjadinya banjir lahar dingin jika hujan tiba.

“Itu (banjir lahar dingin) sudah terjadi kemarin dari lereng bagian selatan,” ujar Suantika.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Suantika mengimbau warga sekitar Gunung Agung untuk selalu siaga mengantisipasi perluasan zona bahaya. Saat ini, radius zona bahaya telah mencapai hingga 10 kilometer dari puncak gunung.

“Jangan lupa selalu sediakan masker untuk warga Bali dan sekitarnya karena abu Gunung Agung bisa berembus ke mana saja,” tukas dia.

Selain itu, Suantika juga kembali mengimbau warga untuk menjauhi wilayah sekitar lembah sungai. Sebab, wilayah itu biasanya menjadi jalur aliran lahar dingin.

Baca Juga:  Dugaan Penyebab Belasan Kambing Mati Misterius di Gunungkidul