Gymnocalycium, Kaktus Mungil dengan Bunga yang Indah


PertaniankuGymnocalycium adalah salah satu jenis kaktus yang berbunga indah. Anda dapat menanamnya dalam sebuah pot kecil sebagai tanaman hias.

Gymnocalycium
Foto: Shutterstock

Gymnocalycium atau sering disebut kaktus dagu merupakan genus kaktus yang berasal dari Amerika Selatan, tepatnya Uruguay. Uruguay dikenal memiliki bunga nasional bernama Erythrina crista-galli, yang sangat menarik berwarna merah dan banyak ditanam di sepanjang jalan kota.

Kata gymnocalycium sendiri diambil dari bahasa Yunani yang berarti kelopak telanjang. Hal tersebut mengacu pada bantalan kuncup bunga yang tidak ditumbuhi duri sama sekali.

Gymnocalycium memiliki keunikan, yakni sebagai tanaman yang tidak memiliki klorofil. Akan tetapi, tidak adanya klorofil justru menjadi berkah khusus bagi kaktus yang berasal dari Uruguay ini, yaitu terhadap warnanya. Gymnocalycium ada yang berwarna oranye, merah, dan kuning.

Warna bunganya yang menarik sangat cocok untuk ditempatkan di sudut meja kerja, atau di sudut jendela rumah Anda. Selain menarik dan terlihat indah, cara merawatnya pun terbilang mudah. Sebab, frekuensi penyiraman untuk kaktus gymnocalycium mihanovichii relatif jarang.

Sebagian besar spesies kaktus ini berukuran agak kecil bervariasi antara 4—15 sentimeter. Dalam segi budidaya, kaktus ini cukup populer karena kebiasaan mereka yang berbunga dengan mudah. Selain itu, bunga-bunga yang mereka miliki umumnya berwarna cerah.

Saat suhu berada di angka 10° C (50° F), maka kaktus ini harus ditaruh di bawah kaca agar mendapatkan suhu panas. Wilayah utama distribusi kaktus hias ini adalah Argentina, sebagian Uruguay, Paraguay, Bolivia Selatan, dan sebagian Brasil.

Baca Juga:  Trik Membuat Tanaman Darat Menjadi Tanaman Air