Hadapi Kemarau, Kementan Siapkan Varietas Padi Toleran Kekeringan

Pertanianku — Menghadapi musim kemarau yang menyebabkan kekeringan dan berpotensi memengaruhi masa panen serta produksi musim tanam tahun ini, Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan varietas padi yang toleran kekeringan.

varietas padi yang toleran kekeringan
Foto: Pixabay

Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Edy Purnawan menjelaskan, Kementan telah menyiapkan varietas yang berumur genjah dan toleran terhadap kekeringan. Beberapa di antaranya seperti Inpari 38, Situpatenggang, Limboto, Situbangendit, dan varietas lokal lainnya yang memiliki sifat toleran terhadap kekeringan.

“Kami secara kontinu mengedukasi petani untuk berbudidaya tanaman dengan baik, sesuai iklim dan kondisi setempat, antara lain melalui pemilihan komoditas, varietas spesifik lokasi, pengaturan waktu tanam, pola tanam, teknik bercocok tanam, dan pengaturan ketersediaan air,” ujar Edy melalui keterangan persnya, Rabu (26/6).

Loading...

Selain itu, sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanakan budidaya tanaman secara spesifik lokasi, Edy menyebutkan Kementan telah menyebarkan informasi prakiraan iklim Musim Kemarau 2019.

“Kami memiliki aplikasi KATAM atau Kalendar Tanam Terpadu yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam bercocok tanam. Aplikasi ini bisa diakses melalui website Balitbangtan (Badan Litbang Pertanian),” terangnya.

Pada daerah yang memiliki sifat hujan di Bawah Normal (BN), terutama di Provinsi Aceh, Sumut, Riau, Jambi, Sumsel, Lampung, Jabar, Jatim, NTT, Kalteng, Sulut, Sulsel, Sultra, Malut, dan Papua perlu dilakukan upaya antisipasi terjadinya kerusakan tanaman akibat kekeringan dan serangan OPT.

“Untuk daerah yang memiliki sifat hujan di bawah normal, kami telah antisipasi dengan pembuatan sumur suntik, pembuatan penampungan untuk panen air dan pembuatan biopori,” sebut Edy.

Baca Juga:  KKP Siapkan Beberapa Strategi untuk Mencegah Penyakit AHPND pada Udang
Loading...
Loading...