Hal-hal Ini Bisa Membuat Ikan Koi Mati

Pertanianku — Pemeliharaan ikan koi bisa dibilang gampang-gampang susah. Ikan asal Jepang ini perlu perawatan khusus agar bisa tumbuh optimal dan mengeluarkan keindahan sisiknya. Jika salah memberikan perlakuan, hal tersebut justru bisa berakibat fatal. Salah satunya adalah ikan koi mati di dalam kolam sekaligus.

ikan koi mati
Foto: freepik

Tidak membersihkan kolam

Air merupakan syarat terpenting dalam pemeliharaan ikan hias ini. Jika kolam tidak dibersihkan dalam jangka waktu tertentu, kotoran akan menumpuk. Akibatnya, keberlangsungan hidup ikan koi pun bisa terganggu. Bisa dibilang, kualitas air sangat menentukan kualitas hidup ikan koi di dalam kolam.

Loading...

Kolam yang kotor bisa mengakibatkan penumpukan zat-zat berbahaya bagi ikan koi seperti amonia, nitrit, dan lainnya. Zat-zat tersebut akan menyebabkan koi rawan terkena hama dan penyakit, kehilangan selera makan, dan akibat fatal lainnya. Pembersihan ikan koi bisa dilakukan menggunakan filter otomatis.

Memberi pakan secara berlebihan

Pakan yang berlebihan justru tidak akan dikonsumsi oleh ikan koi. Pemberian pakan ini dianjurkan hanya berkisar 5 persen dari berat total ikan koi. Pakan yang tidak dikonsumsi justru akan mengotori kolam. Jika filtrasi dalam kolam kurang memadai, hal ini bisa mengakibatkan habitat ikan koi menjadi terganggu.

Suhu yang tidak sesuai

Suhu optimal bagi pertumbuhan ikan koi berkisar 20—28 derajat Celcius. Suhu ini bisa dicapai dengan menurunkan suhu air ataupun suhu ruangan tempat ikan koi dipelihara. Selain itu, pemilihan lokasi pemeliharaan seperti di dataran tinggi juga cukup membantu dalam pengendalian suhu. Tanpa suhu yang sesuai, pertumbuhannya bisa terhambat dan berakibat fatal.

Membiarkan ikan yang sakit tetap bersama ikan sehat

Penyakit yang menjangkiti ikan koi sering cepat sekali menular. Jika Anda menemukan ikan koi peliharaan terserang hama atau penyakit, segera pisahkan dan masukkan ke wadah karantina. Jika dicampur terlalu lama dengan ikan yang masih sehat, dikhawatirkan penyakit akan berpindah ke ikan koi lain.

Baca Juga:  Membuat Aquascape Minimalis, Begini Caranya!

Salah memilih pakan

Pemilihan pakan juga harus diperhatikan. Pakan ikan koi yang banyak mengandung pewarna bisa mengakibatkan koi terserang penyakit hati. Begitu pula dengan pakan yang mudah terurai dengan air akan mengakibatkan media pemeliharaan cepat keruh.

Loading...
Loading...