Hal-hal yang Harus Dilakukan Saat Masa Istirahat Kandang Ayam Broiler

Pertanianku— Selama masa istirahat kandang ayam broiler, Anda harus tetap melakukan beberapa tahap perawatan untuk memasuki periode pemeliharaan selanjutnya. Hal ini berguna agar kandang tetap prima dan layak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

masa istirahat kandang ayam
foto: https://www.kppu.go.id/

Sanitasi kandang

Sanitasi kandang selama masa istirahat kandang ayam broiler dilakukan dengan menyemprotkan insektisida. Penyemprotan harus dilakukan sesegera mungkin setelah ayam dikeluarkan dari dalam kandang. Bagian yang disemprot insektisida adalah atas litter dan pada bagian bawah dinding kandang untuk membunuh semua serangga yang ada di bagian kandang.

Loading...

Selanjutnya, kosongkan semua air yang tersisa di dalam bak penampung, pipa, dan nipple. Setelah dibersihkan, lakukan klorinasi dan biarkan selama 4—6 jam agar endapan yang  merekat pada bagian dalam sistem air minum larut, lalu bilas hingga bersih. Bersihkan juga debu, kotoran, dan sisa litter yang masih menempel di dalam kandang dan cuci semua peralatan yang digunakan selama masa pemeliharaan dan celupkan ke dalam disinfektan.

Pencucian kandang

Saat pencucian kandang, Anda harus memastikan air dari pencucian dapat langsung mengalir dari sistem drainase yang ada di samping kandang. Jangan biarkan air bekas pencucian menggenang di sekitar kandang atau di jalan masuk ke lokasi kandang.

Proses pencucian

Pencucian dimulai dari bagian dalam kandang, mulai dari bagian atap atas ke bawah dan dinding dari atas ke bawah. Selain itu, bersihkan juga tali rafia, benang, dan benda lain yang menempel di dinding. Setelah dinding dan atap selesai, selanjutnya bersihkan bagian lantai kandang.

Pada pencucian berikutnya, campurkan air dengan deterjen dan biarkan selama 1—2 jam agar kotoran-kotoran yang menempel di seluruh bagian dan peralatan kandang bisa larut dalam detergen. Deterjen juga berfungsi untuk membunuh kuman dan virus yang berada di dalam kandang.

Baca Juga:  Usaha Peternakan Kambing yang Cocok untuk Pemula

Bilas kembali dengan air bersih bertekanan tinggi agar tidak ada sisa kotoran yang masih menempel di peralatan kandang. Sementara itu, untuk bagian dinding dan lantai disiram dengan air panas. Setelah kering, semprot kembali dengan kapur ke seluruh bagian kandang.

Peralatan, pakan, minum, dan peralatan lainnya

Sebelum kandang digunakan kembali dan diisi oleh DOC ayam broiler, sebaiknya persiapkan tempat pakan dan minum terlebih dahulu. Rendam tempat pakan dan minum ke dalam air yang dicampur dengan deterjen selama 24 jam. Selanjutnya, sikat dan bilas, lalu keringkan pada tempat yang tidak berdebu.

Sarana perlengkapan sanitasi

Peralatan lain yang digunakan pekerja kandang juga harus diperhatikan. Misalnya, menempatkan sepatu boot dan seragam kandang yang sudah bersih di ruang ganti. Selain itu, mengontrol serta mengganti secara rutin larutan disinfektan pada bak untuk mencelupkan kaki yang ada di pintu masuk area peternakan atau di depan kandang.

Loading...
Loading...