Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Anjing

Pertanianku — Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara dengan berbagai macam alasan. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli anjing, sebaiknya lakukan pertimbangan dengan matang agar keputusan tersebut menjadi keputusan terbaik. Simak ulasan berikut mengenai beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum membeli anjing.

membeli anjing
foto: pixabay

Pertimbangan penting

Memelihara anjing bukan sekadar memberi makan, memandikan, dan bermain dengannya. Memelihara anjing merupakan komitmen yang harus Anda lakukan sepanjang hidup si anjing. Komitmen tersebut akan membutuhkan biaya, ruang tinggal, bahkan hukum yang sah.

Loading...

Lakukan perhitungan biaya yang harus dikeluarkan untuk memelihara anjing dengan matang. Kalau perlu berkonsultasilah dengan dokter atau kerabat yang sudah lebih dahulu memelihara anjing.

Memutuskan untuk memilih jenis anjing juga tidak bisa sembarangan. Anda harus benar-benar yakin dengan jenis yang dipilih agar tidak kecewa. Sebab, setiap anjing memiliki karakternya masing-masing.

Ketahui benar-benar kondisi anjing

Sebelum memutuskan memelihara anjing yang dipilih, sebaiknya pastikan benar-benar kondisi kesehatan, karakter, dan aspek-aspek lainnya yang berkaitan dengan anjing. Biasanya pada pandangan pertama orang-orang akan lebih mudah jatuh cinta, tetapi belum tentu sama jika sudah mengetahui seluruh seluk-beluk dari si anjing. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui keseluruhan dari anjing yang akan dipilih.

Pilih sesuai karakter

Mempertimbangkan tujuan Anda untuk memiliki anjing sangat penting karena dapat memengaruhi jenis anjing yang akan dipilih. Pasalnya, setiap anjing memiliki karakter tersendiri sehingga Anda harus selaraskan antara tujuan dan harapan dengan karakter anjing yang dipilih.

Pengetahuan cara merawat anjing

Pengetahuan menjadi modal penting yang harus dimiliki, mulai dari jenis, memberi makan, merawat bulu, dan melatihnya. Pelajari seluruh ilmu tentang pelihara anjing agar Anda menjadi pemelihara yang bijak. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter dan ahli untuk mendapatkan berbagai masukan yang berguna.

Baca Juga:  Ketahui Tanda-tanda Anjing Betina akan Menstruasi dan Siap Dikawinkan

Penghasilan

Karena merawat anjing dilakukan sepanjang umur si anjing, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan seluruh biaya yang dibutuhkan untuk memelihara si anjing. Oleh karena itu, masukkan pengeluaran biaya perawatan ke biaya hidup Anda, dan lakukan pertimbangan apakah penghasilan Anda sudah mencukupinya atau belum.

Rumah dan persetujuan

Tentunya bukan hal sepele untuk menghadirkan anjing di rumah. Anda perlu meminta persetujuan orang rumah karena Anda juga harus menyediakan rumah yang layak dan nyaman bagi anjing.

 

 

 

 

Loading...
Loading...