Hal-hal yang Harus Dilakukan Selama Masa Istirahat Kandang Ayam Broiler

Pertanianku — Setelah ayam broiler selesai dipanen, Anda akan melalui masa istirahat kandang ayam broiler di mana kandang tidak boleh digunakan untuk ternak selama beberapa saat. Nah, selama masa istirahat ini Anda perlu melakukan beberapa persiapan pada kandang agar bisa digunakan kembali untuk beternak. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan selama masa istirahat kandang ayam broiler.

masa istirahat kandang ayam
foto: Pertanianku

Sanitasi kandang

Sanitasi kandang berfungsi untuk mencegah penyakit berkembang. Sanitasi kandang umumnya memang dilakukan setelah proses panen. Kandang disemprot dengan insektisida, pada bagian atas litter dan bagian bawah dinding kandang. Air yang masih tersisa di dalam bak penampung, pipa, dan nipple dikosongkan. Setelah itu, wadah dibersihkan dan diklorinasi selama 4—6 jam agar endapan yang melekat pada wadah bisa terangkat dan larut. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Mencuci kandang

Selama proses pencucian kandang, Anda harus memastikan air bekas cucian tersebut mengalir lancar ke aliran pembuangan agar tidak ada bekas air cucian yang tergenang di area peternakan.

Pencucian kandang dilakukan pada seluruh bagian kandang, mulai dari atap hingga dinding kandang. Pencucian dilakukan berkali-kali, pertama dengan air bersih, dilanjutkan dengan deterjen dan didiamkan selama 1—2 jam, dan terakhir dibilas kembali dengan air bertekanan tinggi. Setelah itu, kandang disiram dengan air panas dengan suhu 100°C. Kandang yang sudah kering kembali disemprot dengan kapur ke seluruh bagian kandang.

Sanitasi seluruh peralatan kandang

Peralatan yang digunakan selama masa pemeliharaan juga perlu disanitasi, mulai dari tempat pakan, minum, dan peralatan lainnya. Semua peralatan dicuci dan dicelupkan ke dalam desinfektan. Anda perlu merendam peralatan apabila ada kotoran yang sulit dihilangkan. Sikat dan bilas dengan air bersih, lalu keringkan di tempat yang tidak berdebu.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Cair dari Kotoran Kambing

Sanitasi sarana pelengkap

Peralatan lain yang menunjang kerja petugas di dalam kandang juga perlu disanitasi, seperti seragam kandang dan sepatu bot. Kontrol kondisi larutan desinfektan yang berada di dalam bak, larutan tersebut biasanya digunakan untuk mencelupkan kaki dan berada di pintu masuk area peternakan serta di depan kandang.

 


loading...