Hal-hal yang Harus Diperhatikan dari Konstruksi Kandang Ayam Broiler

Pertanianku — Saat Anda memutuskan akan beternak ayam broiler, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kandang ayam. Bentuk kandang ayam broiler memiliki banyak model dengan biaya pembuatan yang bervariasi menyesuaikan model kandang. Saat membangun kandang, Anda harus perhatikan benar-benar konstruksi kandang ayam broiler yang berhubungan dengan keadaan lokasi dan modal yang dimiliki.

kandang ayam broiler
foto: Pertanianku

Pada prinsipnya, kandang ayam yang dibuat harus dapat membuat ayam nyaman berada di dalamnya, apalagi untuk ayam broiler yang lebih rentan. Oleh karena itu, kandang harus dibangun dengan benar. Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dari konstruksi kandang ayam broiler.

Atap kandang

Bentuk atap kandang yang paling baik adalah tipe monitor karena tipe tersebut dapat membuat pertukaran udara berjalan lebih lancar sehingga pembuangan gas beracun di dalam kandang tidak tersendat. Bahan yang digunakan disesuaikan dengan kondisi lokasi kandang yang berkaitan dengan suhu dan kelembapan udara dan anggaran dana yang dimiliki. Bahan-bahan yang digunakan dapat berupa asbes, genting, seng, ijuk, atau aluminium foil.

Kemiringan atap yang baik sekitar 30—45°. Kemiringan atap berfungsi untuk mempercepat air turun dan tidak menggenang di atas atap.

Dinding

Tinggi dinding minimal 1,8 m untuk kandang postal/panggung tunggal. Untuk kandang tingkat tinggi, dinding bawah minimal 2 m dan tinggi dinding kandang atas minimal 1,7 m. Dinding kandang bisa menggunakan bambu atau kawat. Adapun tiangnya harus kokoh yang terbuat dari bambu, kayu, atau cor.

Lebar kandang

Untuk kandang panggung, lebar maksimal yang dibutuhkan sekitar 8 m. Sementara itu, kandang postal membutuhkan lebar maksimal 7 m. Jika kandang dibangun dengan gawir atau terlalu tebing, lebar kandang maksimal sekitar 6 m dengan jarak minimal kandang dari gawir (tebing) sekitar 8 m. Usahakan tinggi tebing jangan melebihi ½ tinggi kandang dengan sistem drainase yang baik.

Baca Juga:  Kenali Penyebab Hewan Ternak Ruminansia Sulit Bunting

Jarak antarkandang

Jika Anda memiliki beberapa kandang dalam satu wilayah, gunakan jarak antarkandang minimal 8 m yang diukur dari bagian terluar kandang. Usahakan di antara kandang tidak terdapat tanaman yang dapat menghalangi sirkulasi udara.

Arah kandang

Kandang sebaiknya dibuat membujur ke barat-timur agar kandang bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup, tetapi tidak langsung mengenai ayam. Kandang yang membujur dari utara ke selatan akan menyebabkan terlalu banyak cahaya matahari yang masuk sehingga mengakibatkan suhu kandang menjadi tinggi.

Kondisi tersebut dapat membuat ayam berkumpul pada satu titik tertentu di dalam kandang untuk berlindung dari sinar matahari. Dengan begitu, membuat sirkulasi udara terhambat dan distribusi makan serta minuman tidak seimbang.

Masih banyak hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika membuat kandang ayam broiler. Anda bisa langsung membacanya di buku Panduan Lengkap Ayam Broiler yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Untuk informasi dan pemesanan, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp Admin Penebar Swadaya.