Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Anak Ayam pada Periode Brooding

Pertanianku — Anak ayam yang masih berumur 1—14 hari termasuk dalam periode brooding. Periode ini merupakan periode kritis untuk anak ayam sehingga menjadi penentu keberhasilan proses pemeliharaan pada periode selanjutnya. Karena merupakan periode kritis, Anda harus merawatnya dengan baik, jangan sampai anak ayam mati atau mengalami gangguan dalam pertumbuhan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan selama periode brooding.

periode brooding
foto: pertanianku

Pemanas kandang

Kandang yang digunakan untuk memelihara anak ayam pada masa brooding adalah kandang khusus yang sudah dilengkapi dengan pemanas yang berfungi sebagai induk buatan. Dengan induk buatan tersebut, suhu di dalam kandang bisa terkontrol dengan aman sesuai dengan kebutuhan anak ayam. Dengan begitu, anak ayam jadi merasa lebih aman dan nyaman, pertumbuhannya pun menjadi lebih baik.

Loading...

Untuk mengetahui apakah pemanas di dalam kandang sudah sesuai atau belum, Anda bisa melihat dari perilaku anak ayam. Anak ayam yang cenderung menjauhi pemanas merupakan pertanda bahwa suhu pemanas terlalu tinggi. Begitu pun sebaliknya, jika anak ayam terlihat mengerubungi pemanas, tandanya suhu pemanas terlalu rendah. Suhu yang tepat akan membuat anak ayam tidak menjauh atau mendekati pemanas.

Persediaan pakan dan minum yang cukup

Persediaan pakan dan air minum di dalam kandang harus cukup dan mudah dijangkau oleh anak ayam. Dengan begitu, anak ayam bisa mendapatkan pakan dan minum dengan baik, tidak terhambat oleh apa pun. Jumlah tempat pakan dan tempat minum yang digunakan harus sesuai dengan jumlah anak ayam yang sedang dipelihara.

Jenis pakan

Pakan juga memengaruhi pertumbuhan anak ayam pada masa brooding. Jenis pakan yang bagus adalah pakan pabrik Broiler 1 dengan kandungan protein sebesar 22 persen. Pakan yang bisa diberikan adalah pakan berbentuk mash atau butiran lembut.

Baca Juga:  Tips untuk Mencegah Kematian DOC Saat Berumur 2—7 Hari

Alas kandang

Alas kandang atau litter harus selalu dalam keadaan kering agar tidak ada bibit penyakit yang tumbuh. Selain itu, alas kandang yang basah atau lembap dapat menyebabkan kenaikan suhu di dalam kandang. Kenaikan suhu tersebut bisa membuat anak ayam jadi lemah.

Pemberian vitamin dan vaksin

Agar kesehatan anak ayam dapat tetap terjaga, anak ayam harus diberikan tambahan vitamin dan vaksin, terutama vaksin untuk ND-IB dan Gumboro.

Loading...
Loading...