Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengonsumsi Bawang Putih

    PertaniankuBawang putih sudah terkenal multifungsi karena berguna sebagai bumbu masakan sekaligus menjadi obat herbal. Umbi bawang ini dapat menimbulkan rasa pedas dan hangat di dalam lambung dan usus besar.

    bawang putih
    foto: Pertanianku

    Khasiat bawang putih terbilang cukup banyak. Bawang ini mampu menghambat perkembangan tumor, mengaktifkan energi vital, menghangatkan limpa dan lambung, mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol darah, menurunkan kadar gula darah, meredakan demam, sebagai ekspektoran, penawar racun hewan berbisa, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

    Setiap 100 gram bawang putih mengandung 149 kalori, 6,4 gram protein, 0,5 gram lemak, 33,1 gram karbohidrat kompleks, 620 mg kalsium, 170 mg fosfor, 17 mg vitamin (C, B, dan E), serta 2,1 gram serat.

    Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi umbi bawang putih karena dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi bawang putih.

    Pemakaian dalam jangka waktu yang lama

    Pemakaian lokal dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti timbulnya gelembung. Sebaiknya, jangan terlalu sering mengaplikasikan bawang putih pada satu bagian tertentu untuk meminimalisir efek tersebut.

    Mengonsumsi dalam jumlah berlebih

    Mengonsumsi bawang putih terlalu banyak akan berdampak buruk pada kesehatan mata, rongga mulut terasa panas, terjadi iritasi pada saluran pencernaan sehingga menimbulkan rasa nyeri dan begah, intensitas bersendawa meningkat, mual dan muntah, terasa panas di dada, pusing, serta kehilangan nafsu makan.

    Umbi bawang putih juga dapat menimbulkan reaksi alergi seperti serangan asma, rasa dingin, pusing, demam, rasa haus, dan hidung berlendir.

    Jangan dikonsumsi saat mengonsumsi obat pengencer darah

    Baca Juga:  Kenal Lebih Dekat dengan Ikan Malong

    Bawang putih dapat menyebabkan pendarahan spontan karena berkhasiat sebagai antipenggumpalan dan melarutkan bekuan darah.

    Jangan dikonsumsi saat ingin operasi

    Sebaiknya, hentikan konsumsi bawang ketika Anda ingin melakukan rangkaian operasi atau mencabut gigi dalam waktu dekat.

    Penderita borok lambung

    Bagi penderita yang pernah mengalami pendarahan di lambung sebaiknya tidak mengonsumsi bawang ini agar tidak mengalami rasa sakit.