Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Panen Ikan di Kolam Terpal

PertaniankuPanen ikan yang dilakukan pada usaha budidaya pembenihan ataupun pembesaran pada dasarnya hampir sama. Yang membedakan adalah ukuran ikan yang dipanen. Pada usaha pembenihan ikan yang dipanen berukuran lebih kecil sehingga proses harus dilakukan secara hati-hati karena benih ikan masih rentan mengalami kematian. Sebelum melakukan panen, Anda harus memerhatikan beberapa hal penting di bawah ini.

panen ikan
foto: pertanianku

Cara panen

Cara panen sangat menentukan hasil ikan yang didapatkan, baik panen yang dilakukan secara menyeluruh maupun hanya sebagian, untuk ikan yang dipindahkan ke kolam lain atau untuk dijual. Sebetulnya, hampir seluruh ikan memiliki cara panen yang hampir sama, yakni dengan mengeluarkan sebagian besar air di dalam kolam. Setelah itu, ikan kemudian ditangkap.

Hanya panen belut yang memiliki perbedaan karena media budidayanya menggunakan bahan organik atau lumpur sehingga pembudidaya harus membongkar media.

Pada dasarnya ikan yang sudah besar akan jauh lebih mudah dipanen dibanding ikan berukuran benih. Cara panen yang digunakan akan menentukan hasil panen yang didapatkan. Cara panen yang dilakukan asal-asalan akan menyebabkan ikan mudah mengalami stres dan mati. Akibatnya, kualitas ikan akan menurun drastis.

Waktu panen

Waktu pelaksanaan panen sebaiknya dilakukan saat suhu tidak begitu tinggi atau ketika matahari sedang tidak terlalu terik, yaitu pagi hari pukul 5—8 pagi atau siang menjelang sore hari pukul 2—6 sore. Pembudidaya harus bisa memperkirakan sendiri waktu panen terbaik. Panen yang dilakukan saat suhu tinggi dapat menyebabkan ikan melemah dan mati. Hal tersebut dikarenakan suhu di dalam media sedang tinggi.

Suhu media yang tinggi dapat menyebabkan ikan kepanasan. Ikan yang kepanasan akan mengalami penurunan metabolisme sehingga kebutuhan oksigen menjadi tinggi. Jika asupan oksigen berkurang akibat aktivitas panen, ikan dapat stres.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Jauh Landak Laut atau Bulu Babi

Umur panen

Umur ikan yang dipanen biasanya bergantung pada keinginan pembudidaya. Biasanya, pembudidaya akan melihat peluang di pasar terlebih dahulu agar hasil panen yang didapatkan bisa disesuaikan. Dengan begitu, ikan yang sudah dipanen akan lebih mudah diserap.

Seluruh proses budidaya ikan di dalam kolam terpal bisa Anda pelajari dalam buku Panen Ikan di Kolam Terpal terbitan Penebar Swadaya. Buku tersebut membahas beberapa komoditas perikanan yang bisa dipelihara di kolam terpal. Mulai dari pemeliharaan hingga panen. Segera hubungi admin penjualan Penebar Swadaya untuk mendapatkan diskon pembelian buku Panen Ikan di Kolam Terpal sebagai referensi usaha Anda.


loading...