Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Panen Mangga

Pertanianku Panen mangga tidak bisa dilakukan sembarangan karena hal tersebut dapat menyebabkan kualitas buah mangga yang dihasilkan kurang baik. Jika buah mangga yang dipanen tidak menjadi komoditas komersial, teknik panen yang salah tidak menjadi masalah yang berarti.

panen mangga
foto: Pertanianku

Jika buah mangga akan digunakan sebagai komoditas komersial, teknik panen yang salah malah akan jadi malapetaka. Hal ini karena bisa mengurangi keuntungan yang didapatkan.

Teknik panen mangga yang benar dapat menentukan kualitas hasil panen. Buah yang masih bisa dijangkau dengan tangan dapat dipanen dengan menggunakan pisau tajam. Sementara itu, buah yang sulit dijangkau dengan tangan dapat dipanen dengan menggunakan galah atau bambu panjang yang di bagian ujungnya terdapat pisau dan keranjang penampung buah.

Agar proses panen tidak menurunkan kualitas hasil panen, Anda perlu memerhatikan beberapa hal di bawah ini.

Jaga kondisi buah yang tengah dipanen

Sesulit apa pun proses panen buah mangga, Anda perlu menjaga kondisi buah tersebut agar tetap utuh dan bagus. Buah tidak boleh jatuh ke bawah karena hal tersebut dapat menyebabkan memar pada buah. Buah juga tidak boleh sampai terluka dan terpotong.

Pemetikan sebaiknya menyisakan 0,5—1 cm tangkai buah untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri pembusuk. Selain itu, sisa tangkai dapat menghindari permukaan kulit buah terkontaminasi getah buah mangga.

Jangan tunggu hingga buah mangga matang

Proses panen sebaiknya jangan ditunda hingga buah benar-benar matang karena hal tersebut dapat memancing hewan pemakan buah, seperti burung, codot, kalong, dan musang. Buah yang terlalu masak juga lebih mudah berjatuhan dari pohon. Hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan memar pada bagian kulit dan daging buah.

Baca Juga:  Penyakit Tanaman Jabon yang Perlu Diwaspadai

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa memanen saat buah masih keras, tapi umurnya sudah tua. Proses seleksi buah yang akan dipanen perlu dilakukan satu per satu. Hal ini karena tingkat kemasakan buah dapat berbeda-beda meski berada pada satu pohon yang sama. Pemetikan dilakukan pada buah yang sudah masak, sedangkan buah yang masih mentah dipanen di waktu berikutnya.

Waktu panen

Buah mangga sudah bisa dipanen ketika satu atau dua buah mangga terlihat masak di pohon. Buah yang sudah masak ditandai dengan terasa lunak apabila dipegang. Selain itu, buah tersebut sudah mengalami perubahan warna kulit menjadi kekuningan.