Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Ikan Arwana

Pertanianku — Sebelum membeli ikan arwana, terutama arwana yang sudah dewasa, Anda harus mengetahui beberapa informasi mengenai ciri-ciri ikan arwana yang bagus. Pasalnya, dari kriteria tersebut Anda bisa mendapatkan ikan arwana yang baik dan tidak mudah sakit. Berikut ini beberapa kriteria ikan arwana yang harus diketahui ketika Anda akan membeli arwana.

membeli ikan arwana
foto: Pertanianku

Gaya renang ikan

Ikan arwana yang baik memiliki gaya renang yang santai dan tenang serta berenang di bagian tengah akuarium. Ikan tidak terlihat tergesa-gesa. Selain itu, ikan terlihat selalu berada di permukaan air. Kondisi tersebut dapat menjadi pertanda ikan arwana tersebut sedang stres. Ikan arwana yang stres juga akan terlihat berdiam diri di sudut akuarium dan langsung bergerak jika ada benda yang mendekatinya.

Sirip dan sisik utuh

Ikan arwana mudah stres apabila sirip sobek, patah, dan tulang siripnya tidak lurus. Cacat pada tubuhnya bisa menjadi pertanda bahwa ikan pernah terserang penyakit jamur yang cukup parah. Sementara itu, sisik yang terkelupas atau tidak rapat menjadi pertanda ikan dalam keadaan stres dan mudah terserang penyakit karena jamur dan bakteri.

Bagian perut dan kloaka normal

Ikan dengan gaya berenang santai biasanya memiliki nafsu makan yang tinggi. Jika didekatkan, pandangan matanya akan mengarah ke atas. Jika diberi makan, ikan akan segera melahap pakan tersebut. Kondisi nafsu makan ikan dapat terlihat dari perut yang membesar, tetapi ukuran kloakanya normal. Namun, jika kloakanya terlihat membengkak dan berwarna kemerahan, ikan tersebut bisa saja terindikasi sedang terserang Salmonella sp.

Kedua sungutnya utuh

Sungut menjadi salah satu penentu ketika Anda ingin membeli ikan arwana. Arwana yang bagus memiliki sungut yang tegak dan sedikit mengarah ke atas. Kedua sungut berukuran sama panjang, tidak patah, dan tidak tertekuk. Sungut ikan yang sudah tidak utuh atau patah menjadi pertanda bahwa ikan mudah mengalami stres.

Baca Juga:  Budidaya Artemia Indoor di Bak Pemeliharaan

Mata arwana

Mata arwana yang normal akan terlihat lurus secara vertikal. Kelopak mata bagian atas dan bawah memiliki ukuran yang sama, tidak ada salah satu yang terbenam. Jika ada salah satu kelopak mata keluar dari bagian mata, ikan arwana menderita juling.