Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menanam Durian

Pertanianku — Sebelum menanam durian, Anda perlu mempersiapkan segala kebutuhan yang dapat menunjang keberhasilan proses bertanam. Keberhasilan tersebut dapat memberikan Anda buah durian berkualitas dalam jumlah banyak. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menanam durian.

menanam durian
foto: Pertanianku

Lokasi tanam

Pohon durian tidak bisa ditanam pada lokasi yang sembarangan. Jika ditanam pada lokasi yang tidak sesuai, tanaman tidak dapat berbuah normal, sekalipun varietas yang digunakan merupakan varietas unggul. Kesalahan dalam pemilihan lokasi tidak bisa diperbaiki selain mengganti varietas yang digunakan atau kembali mencari lokasi yang sesuai dengan tanaman.

Oleh karena itu, penting mencari lokasi yang sesuai untuk mendukung produksi buah. Lokasi yang dipilih harus memenuhi syarat agroklimat tiap varietas durian yang dipilih. Agroklimat tersebut berkaitan dengan iklim, intensitas matahari, jenis tanah, dan topografi.

Penetapan varietas

Ada banyak varietas durian berkualitas yang dapat Anda tanam. Namun, tidak semua varietas memiliki segmentasi pasar dan daya adaptasi yang sama. Ada beberapa varietas yang bagus dipasarkan di daerah A, tetapi tidak bagus dipasarkan di daerah B. Itu sebabnya Anda perlu mengenali dengan baik segmentasi pasar durian tersebut.

Penetapan varietas juga berkaitan dengan lokasi tanam yang akan digunakan. Namun, ada beberapa varietas durian yang memiliki daya adaptasi dan segmentasi pasar yang luas, seperti varietas monthong dan matahari.

Penyediaan bibit

Bibit yang digunakan harus bersertifikat untuk menjamin mutu genetik serta memiliki ukuran dan vigor yang baik. Bibit yang digunakan juga harus terbebas dari penyakit agar peluang keberhasilan penanaman semakin membesar dan Anda dapat mencapai keseragaman mutu buah yang tinggi. Bibit yang digunakan sebaiknya dibeli langsung dari penangkar atau toko penjual bibit tepercaya agar Anda bisa mendapatkan jaminan bibit berkualitas.

Baca Juga:  Tips dan Trik Budidaya Mangga di Lahan Satu Hektare

Persiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam harus dipersiapkan dengan baik agar sesuai dengan kebutuhan tanaman. Persiapan lahan yang harus dilakukan adalah pembersihan gulma, pemetaan kebun, jarak tanam, pembuatan lubang, dan penyediaan pupuk dasar. Tanpa adanya persiapan lahan, pertumbuhan tanaman durian akan mengalami hambatan sehingga produksinya menjadi tidak maksimal.