Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Buah Nanas

Pertanianku Buah nanas sering dikonsumsi secara langsung sebagai pencuci mulut karena rasanya segar dan manis dengan sedikit rasa asam. Setiap potongan nanas seberat 78 gram mengandung 38 kalori, 87 persen air, 1 gram serat, 5 mg kalsium, 1 mg mangan, 89 mg kalium, 11 mg magnesium, 5 mg fosfor, 2 Iu vitamin A, 12 mg vitamin C, 0,1 mg thiamin, 0,1 mg vitamin B6, 8 micrg folat, dan sejumlah gula alami seperti sukrosa, fruktosa, serta glukosa.

buah nanas
foto: Pertanianku

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi buah nanas. Pasalnya, buah bernutrisi ini juga dapat menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya apabila tidak dikonsumsi dengan benar.

Dilarang untuk ibu hamil

Seperti apa yang sering dibilang oleh orangtua bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi buah ini. Ibu hamil memang tidak boleh meminum jus nanas karena dapat merangsang kontraksi rahim sehingga menyebabkan keguguran.

Dilarang untuk penderita asam urat tinggi

Buah nanas juga sebaiknya dihindarkan oleh penderita asam urat tinggi. Hal ini karena buah yang sudah terlalu masak mengandung alkohol yang dapat menghambat keluarnya asam urat melalui urine. Dengan begitu, kadar asam urat di dalam darah terus meningkat dan menimbulkan kekambuhan rematik gout.

Tidak boleh berlebihan

Seseorang yang tengah mengonsumsi minum obat antikoagulan seperti warfarin dan heparin, obat golongan NSAIDs seperti ibuprofen dan naproxen, serta obat antiplatelet tidak diperbolehkan mengonsumsi nanas secara berlebihan karena khasiat fibrinolitik dan proteolitik pada bromealin dapat meningkatkan risiko perdarahan. Hal ini juga berlaku pada seseorang yang memiliki risiko perdarahan cukup tinggi.

Penderita kencing manis juga tidak diperbolehkan mengonsumsi buah nanas secara berlebihan. Hal ini karena nanas matang mengandung gula yang cukup tinggi dan dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah.

Baca Juga:  Tanda-tanda Tanaman Jagung Kekurangan Unsur Hara

Nanas dapat menimbulkan alergi

Pada beberapa buah nanas dapat menimbulkan efek alergi dengan keluhan seperti rasa mual dan muntah, diare, sesak napas, tenggorokan bengkak sehingga sulit bernapas, denyut jantung menjadi lebih cepat, kulit memerah, iritasi pada selaput lendir, mengalami gangguan haid, dan kontraksi rahim.

Tidak bisa dicampur ke produk turunan susu dan gelatin

Nanas segar tidak boleh dicampurkan dengan gelatin, yoghurt, atau keju lunak. Hal ini karena kandungan bromelainnya dapat menghancurkan protein susu, daging, dan gelatin sehingga makanan tersebut dapat berubah menjadi cair.