Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Budidaya Jamur Skala Rumah Tangga

Pertanianku Budidaya jamur yang dilakukan untuk skala rumah tangga memerlukan persiapan dengan baik untuk meminimalisir kegagalan. Meskipun begitu, Anda tidak boleh takut dengan kegagalan. Paling tidak, dengan persiapan yang matang, risiko kegagalan bisa diperkecil. Berikut ini persiapan yang harus dilakukan untuk budidaya jamur skala rumah tangga.

budidaya jamur
foto : Pertanianku

Menentukan lokasi usaha

Lokasi yang ideal adalah lokasi yang memiliki kondisi hampir sama dengan habitat asli jamur di alam bebas. Semakin mendekati lingkungan aslinya, pertumbuhan jamur akan semakin baik. Beberapa faktor yang harus Anda perhatikan saat menentukan lokasi usaha adalah suhu udara, kelembapan udara, senyawa beracun, dan radiasi seperti cahaya UV atau inframerah. Saat memilih lokasi, Anda harus menyesuaikan dengan jenis jamur yang akan dibudidayakan.

Loading...

Membangun rumah produksi

Salah satu hal yang wajib disediakan saat budidaya jamur adalah membangun rumah produksi atau biasa disebut rumah kumbung. Namun, bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan untuk membangun rumah kumbung, Anda bisa menggunakan salah satu ruang yang ada di dalam rumah untuk dijadikan sebagai rumah produksi.

Pembangunan rumah kumbung tidak harus besar dan mahal. Anda cukup membuat yang minimalis, tetapi sesuai atau hampir mendekati habitat asli jamur agar tumbuh optimal.

Mendapatkan bibit jamur

Bibit jamur merupakan kebutuhan penting yang harus ada. Hal ini karena bibit merupakan cikal bakal pertumbuhan jamur. Anda bisa mengembangbiakkan bibit jamur sendiri atau membeli bibit murni yang akan dikembangkan sendiri.

Ada banyak proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan bibit jamur, yaitu dimulai dari menyiapkan media biakan, mengambil eksplan, dan inokulasi eksplan hingga akhirnya menghasilkan bibit jamur.

Untuk budidaya jamur, Anda memerlukan biakan murni yang terbebas dari kontaminasi dan memiliki sifat-sifat yang baik dari segi kuantitas dan kualitas. Keberhasilan pengusaha bisa dilihat dari cara pemeliharaan dan penyimpanan biakan murni miselium jamur hingga menjadi jamur.

Baca Juga:  Peringatan Hari Tani, Sektor Pertanian Terus Tumbuh di Tengah Pandemi

Anda bisa mempelajari lebih jauh cara budidaya jamur skala rumah tangga dalam buku Usaha 4 Jenis Jamur Skala Rumah Tangga terbitan Penebar Swadaya. Bagaimana pun, ilmu pengetahuan menjadi bekal yang paling utama ketika menjalankan usaha budidaya. Wawasan dasar mengenai budidaya jamur sangat berguna untuk membantu Anda merintis usaha jamur. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi usaha Anda.

Loading...
Loading...