Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menanam Lengkeng Matalada

Pertanianku — Lengkeng matalada bisa ditanam di dalam lahan atau di dalam pot dijadikan sebagai tabulampot. Agar proses menanam berjalan lancar, Anda harus mempersiapkan hal-hal ini terlebih dahulu, seperti lokasi, bibit, pot, dan media tanam. Setelah semuanya sudah terpenuhi, Anda baru bisa menanam lengkeng matalada.

menanam lengkeng matalada
foto: Pertanianku

Lokasi

Lengkeng matalada bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 0—700 mdpl. Sebenarnya, lengkeng matalada bisa ditanam di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl, tetapi iklim di daerah tersebut sering tidak mendukung untuk pertumbuhan tanaman.

Lengkeng berbiji kecil ini membutuhkan intensitas cahaya matahari yang tinggi, kondisi tanah subur, dan pH tanah sekitar 6—7.

Bibit

Gunakan bibit yang bagus karena bibit yang bagus merupakan modal utama untuk mendapatkan pohon yang berbuah lebat. Ketahui asal-usul bibit tersebut agar Anda bisa memastikan pohon induk bibit merupakan pohon yang berbuah lebat juga. Sebenarnya ada cara mudah untuk mendapatkan bibit yang bagus, caranya adalah membeli bibit di toko pertanian yang terjamin kualitasnya, seperti Toko Trubus.

Pot

Pot dibutuhkan untuk Anda yang ingin menanam pohonnya di dalam pot. Pot yang dapat digunakan ialah pot berdiameter 50—100 cm. Saat memilih pot, Anda harus memerhatikan material yang digunakan karena material memengaruhi daya tahan pot tersebut.

Biasanya, pot yang digunakan untuk menanam lengkeng matalada terbuat dari seng, kayu, atau plastik. Pot yang paling sering digunakan adalah drum seng. Namun, Anda bisa menyesuaikan pilihan pot dengan selera sendiri.

Media tanam

Lengkeng membutuhkan media tanam dengan tingkat porositas yang bagus serta kandungan humus yang banyak. Media tanam yang digunakan bisa berupa campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan komposisi 1:1:1. Perbandingan tersebut bisa digunakan untuk menanam di lahan ataupun di pot.

Baca Juga:  Keunggulan Lengkeng Matalada Dibandingkan Lengkeng Dataran Rendah Lainnya

Namun, untuk media tanam tabulampot, Anda bisa mengurangi porsi sekam sehingga perbandingan antara tanah, sekam, dan pupuk kandang menjadi 1:0,5:1. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tanah yang digunakan harus subur.

Untuk keperluan bertanam lengkeng matalada, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus. Pada November ini, ada promo menarik di Toko Trubus untuk bibit lengkeng matalada. Selain bibit lengkeng matalada, Anda juga bisa mendapatkan pot, media tanam, serta berbagai peralatan dan perlengkapan berkebun.


loading...