Hal-hal yang Memengaruhi Penyerapan Nutrisi Pakan Ikan

Pertanianku — Aktivitas pemberian pakan tidak hanya sebatas pakan dikonsumsi ikan, lalu masuk ke tubuh ikan. Saat memberikan pakan, Anda harus memerhatikan juga efektivitas nutrisi pakan ikan dalam memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi ikan yang akan berdampak langsung pada kondisi perkembangan ikan.

nutrisi pakan ikan
foto: pertanianku

Pelet yang sudah dimakan oleh ikan akan diserap dalam bentuk nutrisi dan sisanya dibuang dalam bentuk kotoran. Setelah diserap, nutrisi tersebut akan disebarkan ke organ-organ tubuh untuk diproses lebih lanjut.

Unsur nutrisi yang sudah diserap akan diproses dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok ikan, seperti untuk berenang, pergerakan darah, dan lain-lain.

Kebutuhan nutrisi ikan terbesar dibutuhkan oleh ikan yang berada di arus deras, keramba jaring apung, dan kolam tanah. Oleh karena itu, Anda harus tepat dalam mengatur kebutuhan nutrisi pakan yang akan diberikan.

Penyerapan nutrisi di dalam tubuh ikan dipengaruhi oleh tiga faktor, seperti kesehatan ikan, kualitas bahan makanan ikan, dan waktu yang diberikan. Ketika ketiga faktor tersebut dipenuhi, nutrisi yang dikonsumsi oleh ikan dapat terserap dengan baik.

Kondisi ikan yang sakit akan sulit menyerap nutrisi yang masuk ke tubuh. Jangankan menyerap nutrisi dari pakan yang dikonsumsi, mengonsumsi pakan saja sudah cukup untung. Terkadang, ikan yang sakit akan mengalami penurunan nafsu makan.

Sementara itu, ada beberapa faktor yang memengaruhi ikan dalam mengonsumsi pakan, di antaranya kondisi ikan, macam bahan makanan dan kondisi pakan yang dberikan, kebutuhan produksi dan hidup ikan sesuai dengan pertumbuhannya, serta selera dan metode pemberian pakan.

Seluruh faktor penyerapan nutrisi dan minat ikan dalam mengonsumsi pakan saling terkait satu sama lain sehingga tidak bisa diabaikan salah satunya.

Baca Juga:  Jenis-jenis Teknologi Budidaya Bandeng

Nutrisi yang masuk ke tubuh ikan akan diserap terlebih dahulu oleh usus dan diproses dalam sistem-sistem digunakan untuk hidupnya. Setelah nutrisi sudah memenuhi seluruh kebutuhan utamanya, nutrisi selanjutnya digunakan untuk produksi. Oleh karena itu, salah satu kunci untuk meningkatkan produksi adalah mengetahui kebutuhan nutrisi ikan yang diperlukan.


loading...