Hal-hal yang Menyebabkan Kegagalan Vaksinasi Sapi

Pertanianku— Vaksin menjadi salah satu kebutuhan yang harus dilakukan oleh peternak sapi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sapi agar tidak mudah sakit oleh virus dan penyakit. Kegiatan pemberian vaksin harus dilakukan sesuai dengan aturan agar berhasil. Namun, kadang kala ada peternak yang mengalami kegagalan saat memvaksin sapi. Penyebab kegagalan vaksinasi sapi ada banyak. Anda harus benar-benar menelusurinya.

kegagalan vaksin sapi
foto: pertanianku

Vaksinasi merupakan kegiatan pemberian antigen yang digunakan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi khusus terhadap penyakit tertentu yang bisa saja disebabkan oleh virus, bakteri, dan protozoa.

Pemberian vaksin dilakukan untuk meminimalisir risiko penyakit yang belum bisa diobati. Vaksin dirancang untuk mencegah penyakit datang, tetapi tidak berarti mencegah terjadinya  infeksi.

Loading...

Pemberian vaksin juga bisa dilakukan untuk mendukung kepentingan ekonomi yang bisa saja terganggu akibat penyakit. Saat sapi sudah sakit, biaya pengobatan serta perawatan akan jauh lebih besar. Belum lagi bobot sapi yang menyusut serta produksi susu yang berkurang.  Pemberian vaksin juga bisa dilakukan untuk melindungi manusia tertular penyakit zoonosis.

Pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati agar berhasil. Hal ini karena banyak faktor yang bisa menyebabkan kegagalan vaksinasi sapi. Kesalahan bisa terjadi karena keliru dalam mendiagnosis penyakit yang terjadi di suatu daerah.

Kegagalan juga bisa ditimbulkan dari penyakit yang bersifat multifaktorial dengan faktor lainnya yang mendominasi serta mengecilkan arti penyakit.

Kesalahan dalam menggunakan vaksin juga sering terjadi sehingga menyebabkan kegagalan saat pemberian vaksin. Kesalahan penggunaan tersebut meliputi kesalahan dalam menyimpan vaksin, pengunaan, serta dosis yang digunakan.

Kondisi kandang yang kurang baik bisa memengaruhi keberhasilan pemberian vaksin. Kandang yang minim ventilasi bisa menyebabkan kondisi kesehatan sapi menurun.

Baca Juga:  Cara Memancing Walet dengan Kertas Karton

Vaksin yang diberikan pada sapi yang sedang tidak sehat juga bisa menyebabkan kegagalan pemberian vaksin. Penyebab lainnya yang masih belum bisa dicegah adalah adanya galur atau strain penyakit dan bakteri yang masih belum bisa dipenuhi oleh vaksin yang digunakan, misalnya seperti E.coli.

Penyebab terakhir yang kemungkinan bisa saja menyebabkan kegagalan vaksinasi sapi adalah sapi tidak bisa memberikan respons kekebalan tubuh yang cukup karena kondisi tertentu, seperti sapi stres, memiliki penyakit tertentu, serta nutrisi pakan yang diberikan jelek.

Loading...
Loading...