Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Budidaya Ikan Mas

Petanianku – Ikan mas merupakan salah satu ikan yang banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang lezat. Ikan mas memiliki tekstur daging yang lembut, serta dapat diolah menjadi berbagai makanan.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Budi Daya Ikan Mas

Untuk budidaya ikan mas, tidak cukup mudah karena sudah banyak orang yang melakukannya dan berhasil. Namun, jika Anda masih bingung harus memulainya dari mana. Berikut cara budidaya ikan mas.

Loading...
  1. Persiapan kolam

Seperti budi daya ikan air tawar pada umumnya, pembuatan kolam ikan mas menggunakan dinding beton. Sedangkan dasar kolamnya merupakan tanah dengan ukuran 10x5x1,5m. Namun, sebenarnya untuk ukuran kolam bisa berbeda tergantung lahan yang Anda ingin jadikan kolam.

Selanjutnya kolam dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghilangkan kuman dan hama yang terkandung dalam kolam ikan. Pengeringan dilakukan sekitar 4–8 hari hingga dasar kolam benar-benar kering.

  1. Mengisi air kolam

Langkah kedua yang harus dilakukan untuk budidaya ikan mas adalah mengisi air kolam. Air dapat diisi ke dalam kolam dengan kapasitas 50–70cm. hal ini harus dilakukan sebab kondisi populasi plankton sangat cocok untuk makanan alami serta bahan larut yang cukup rendah. Pada masa awal budidaya, biasanya selama 1 minggu kondisi air masih stabil. Selanjutnya akan dilakukan penambahan serta pengurangan air sehingga pH asam akan terjaga kestabilannya.

Selain itu, suhu air juga bisa mempengaruhi kehidupan ikan. Suhu yang cocok untuk budidaya ikan mas berada pada kisaran 50–310 derjat Celcius. Jika suhu mengalalami penurunan atau kenaikan drastis, maka bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan embrio ikan. Untuk suhu air sendiri dipengaruhi oleh radiasai matahari, cuaca, lokasi dan suhu cuaca. Adapun untuk kedalaman kolam ikan sendiri, idealnya adalah 60–150cm.

  1. Tebar benih
Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Pembesaran Ikan Agar Untung Berlipat

Pada budidaya ikan mas waktu yang baik untuk melakukannya adalah pada pagi dan sore hari. Berikut cara melakukannya.

  1. Siapkan bak atau ember.
  2. Ambil air dari kolam budidaya ikan mas.
  3. Masukan ke dalam bak atau ember.
  4. Masukan juga benih ikan ke dalam ember yang sudah terisi air kolam.
  5. Kemudian diamkan selama 1 jam dengan tujuan ikan bisa menyesuaikan dengan kondisi airnya.
  6. jika sudah terisi, tebarkanlah benih kedalam kolam ikan.

Untuk mendapatkan kualitas yang optimal, sebaiknya benih yang ditebarkan mempunyai ukuran yang sama supaya laju perkembangannya pun juga seragam.

  1. Pemberian pakan

Jika menginginkan budidaya ikan mas berhasil jangan memberi pakan ikan pada hari pertama dan kedua setelah menebar benih karena di dalam kolam masih mengandung banyak makanan alami seperti ganggang, plankton, kutu air dan masih banyak yang lainnya. Barulah pada hari ketiga kamu bisa mulai memberikan pakan lelet. Namun, sebelum pelet diberikan, Anda harus merendam pelet terlebih dahulu dengan air hangat agar pelet bisa mengembang dalam perut ikan. Pelet ikan utama mempunyai komposisi karbohidrat 15%, protein 20% dan lemak 20%.

  1. Pengolahan air

Pengolahan air sangat diperlukan dalam budidaya ikan mas karena hal ini merupakan faktor keberhasilan budidaya ikan mas. Setiap 15 hari sehari kamu perlu melakukan pengurangan dan penambahan air sebanyak 50% untuk menjaga kondisi air tetap stabil. Selain itu, periksalah pH dan keasaman air karena setiap perubahan air bisa mempengaruhi laju perkembangan ikan. Sebaiknya budidaya ikan mas ini dilakukan pada air yang mengalir karena ikan mas memerlukan sirkulasi air yang bagus.

Loading...
Loading...