Hal-hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Menanam Sayur dan Buah

Pertanianku — Pada dasarnya menanam sayur dan buah itu mudah serta bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk Anda yang baru saja mulai belajar menanam. Ada 6 hal penting yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda ingin menanam. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis sayur dan buah. Selebihnya, seperti perlakuan khusus, bisa Anda pelajari sesuai dengan jenis sayur dan buah yang ditanam.

menanam sayur
foto: Pertanianku

Berikut ini 6 hal yang harus Anda lakukan ketika ingin menanam sayur dan buah sendiri.

Pengolahan tanah

Pengolahan tanah sangat penting karena media tanam yang akan digunakan harus dibuat menjadi gembur dan subur. Jika Anda menanam langsung di lahan, tanah tersebut perlu dicangkul terlebih dahulu. Proses pencangkulan dapat membuat tanah menjadi lebih remah sehingga sistem aerasi di dalam tanah lebih baik serta menghilangkan zat-zat beracun.

Pengolahan tanah juga berguna untuk menghilangkan akar gulma yang dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman. Pengolahan tanah sangat penting dilakukan sekalipun Anda melakukannya di tanah pekarangan rumah.

Pemupukan

Setelah proses pengolahan usai, langkah selanjutnya adalah pemberian pupuk kandang atau kompos. Pemberian tersebut berfungsi untuk meningkatkan kandungan unsur hara mikro dan makro di dalam tanah, memperbaiki struktur tanah, dan menahan air di dalam tanah. Pupuk kandang yang digunakan harus sudah matang, ciri-cirinya berwarna hitam dan tidak berbau.

Jumlah pupuk yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan tanah dan luas lahan yang digunakan. Anda harus perhatikan jenis pupuk yang digunakan karena setiap jenis pupuk memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda.

Pengelolaan air

Semua tanaman membutuhkan air, volume yang dibutuhkan akan berbeda-beda. Anda harus mengatur ketersediaan air agar tanaman tidak kekurangan atau kelebihan air. Kekurangan air dapat menghambat pertumbuhan tanaman, sedangkan kelebihan air menyebabkan penyakit dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Jadi, Anda harus cari tahu berapa banyak volume air yang dibutuhkan oleh jenis tanaman yang ditanam.

Baca Juga:  Khasiat Buah Jamblang

Penyemaian benih

Benih yang digunakan harus benih berkualitas dan murni agar tanaman yang dihasilkan sehat dan produktivitasnya tinggi. Untuk pemula, sebaiknya beli benih di toko pertanian untuk berjaga-jaga. Ada beberapa jenis tanaman yang harus melalui proses penyemaian. Oleh karena itu, Anda perlu membuat wadah semai dan mempersiapkan media semai. Media tanam yang digunakan harus bebas dari hama dan penyakit.

Sistem tanam

Anda bisa memilih sistem tanam monokultur atau polikultur. Sistem tanah yang dipilih menentukan teknik perawatan yang akan dilakukan.

Pemeliharaan

Tanaman perlu dirawat dengan baik. Biasanya, proses perawatan tanaman, antara lain pengairan, pemupukan susulan, pemangkasan, penyiangan gulma, serta perawatan dari hama dan penyakit yang menyerang.