Hal-hal yang Tidak Boleh Luput dari Kontrol Harian Kolam Ikan Lele

Pertanianku— Selama masa pemeliharaan, kolam ikan lele perlu dikontrol secara rutin tiap hari untuk memantau segala perkembangan yang terjadi di area budidaya. Pekerjaan tersebut perlu dilakukan untuk menunjang keberhasilan budidaya dan mencegah masalah berkembang semakin besar. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda kontrol dari kondisi kolam ikan lele tiap harinya.

kolam ikan lele
foto: Pertanianku

Kesehatan ikan lele

Indikator kesehatan ikan lele sudah bisa terlihat dari gerak-gerik ikan saat makan, apakah makanan tersebut langsung habis atau justru ikan malah terlihat malas makan. Sebagian besar ikan yang tengah sakit mengalami penurunan nafsu makan sehingga sisa pakan yang diberikan menjadi lebih banyak.

Jika kondisi tersebut tidak segera disadari oleh pembudidaya, kemungkinan besar kondisi ikan akan semakin memburuk dan akhirnya mati. Tingkat keberhasilan budidaya ikan lele sangat bergantung pada kemampuan pembudidaya untuk memahami perilaku ikan.

Kondisi kesehatan dan pertumbuhan ikan lele dapat dilihat dengan menggunakan anco. Anco merupakan alat yang terbuat dari jaring berbentuk segi empat. Anco diturunkan bersama pakan pelet ke dalam kolam, kemudian anco dinaikkan kembali. Ambil lele yang tersangkut di dalam anco dan timbang untuk mengetahui perkembangannya. Pengecekan ini perlu dilakukan setiap 10 hari sekali atau dua minggu sekali.

Kondisi kolam

Hal lain yang perlu dikontrol adalah kondisi kolam. Anda perlu memantau secara rutin kondisi kolam untuk mencegah kerusakan menjadi sangat parah, mengingat kolam yang digunakan harus mampu menahan beban air kolam dan ikan yang dibudidayakan.

Kehadiran hama

Hama sering datang secara tiba-tiba ke area kolam. Hama yang sering menyerang ikan lele adalah linsang, regul, ular air, musang air, dan burung. Burung yang wajib diwaspadai adalah blekok, kuntul, bangau, dan maninting.

Baca Juga:  Kebiasaan Unik Belut di Habitat Aslinya

Pencegahan hama dapat dilakukan dengan menggunakan saringan yang dipasang di pintu masuk air, membuat pagar pengaman di sekeliling kolam, menutup kolam dengan jaring, dan mengontrol area kolam secara rutin. Pemasangan jaring di bagian atas kolam berguna untuk mencegah ikan lele dari serangan burung.