Hal ini Perlu Diperhatikan dalam Pengelolaan Agribisnis Melon


Pertanianku – Melon dengan segudang keunggulannya menjadi buah populer yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain itu, harga buah yang selalu berkembang tinggi juga menjadi alasan para petani untuk mengusahakan komoditas melon secara intensif. Seluruh daya tarik tersebut membawa melon sebagai komoditas bisnis unggulan. Sky Rocket Melon_StudioPS_Ratih_200112 (99) Saat ini, tanaman melon bisa dimanfaatkan sebagai komoditas bisnis yang menjanjikan. Melon merupakan buah-buahan semusim yang sudah berkembang sebagai komoditas agribisnis. Melon memiliki nilai ekonomi dan prospek yang cukup besar dalam pemasarannya, tetapi memerlukan penanganan intensif dalam budi dayanya. Komoditas ini diminati oleh masyarakat banyak dan mempunyai harga yang relatif tinggi baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

  1. Penguasaan aspek teknis budi daya.
  2. Penyediaan lahan yang sesuai secara teknis dan sosial bagi produksi melon.
  3. Penyediaan sarana produksi yang tepat; tepat jenis sesuai kebutuhan, tepat jumlah sesuai dengan dengan dosis aplikasi, tepat mutu (tidak palsu), tepat waktu (tersedia sesuai kebutuhan), tepat harga sesuai bagi optimasi biaya produksi, serta tepat cara aplikasinya.
  4. Penyediaan tenaga kerja yang andal. Hal ini karena produksi melon cukup intensif sehingga penyediaan tenaga kerja yang andal sesuai tuntutan teknis menjadi faktor penentu.
  5. Memahami standar mutu dan memiliki jaringan pasar.
Baca Juga:  Buah Delima Simbol Cinta dan Kesuburan
loading...
loading...