Hal Inilah yang Perlu Diperhatikan Agar Susu Kambing Berkualitas Baik

Pertanianku – Permintaan akan susu kambing semakin meningkat setiap tahunnya. Inilah yang membuat usaha peternakan kambing memiliki potensi besar. Jika Anda ingin memulai bisnis dan memutuskan beternak kambing etawa, maka keputusan tersebut sudah tepat. Namun, Anda juga pastinya sudah tahu, bahwa untuk menghasilkan susu yang berkualitas, tidak sembarangan orang bisa merawat kambing-kambing ini dan menghasilkan produk susu yang terbaik.

Hal Inilah yang Perlu Diperhatikan Agar Susu Kambing Berkualitas Baik

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis peternakan kambing, maka Anda harus tahu bahwa ada kendala yang biasanya dihadapi para peternak. Terdapat beberapa kendala diantaranya:

Loading...
  • Produksi susu rendah. Hal ini biasanya terjadi lantaran banyak yang belum tahu cara efektif menjadikan kambing produktif, dan tidak mau menggunakan cara baru.
  • Susahnya mendapatkan bibit unggul. Kambing yang dikhususkan untuk perahan harus diimpor, tentunya hal ini akan menjadi kendala sendiri.
  • Urusan sanitasi dan juga alat produksi, masih banyak yang mengabaikan poin penting ini, sehingga susu kambing yang dihasilkan kualitasnya rendah.
  • Masalah teknis, soal izin tentang kesehatan, pemasaran, dan halal sering menjadi batu sandungan, belum lagi promosi yang masih kurang efektif.

Terlepas dari segala kendala tersebut, pasar untuk susu kambing ini masih terbuka lebar, apalagi karena masih sedikitnya pemain yang ada di dalamnya. Sementara itu, tuntutan semakin besar, terutama di bidang kecantikan. Karena itu, Anda bisa berfokus menghasilkan produk terbaik. Berikut caranya untuk Anda.

  1. Pemilihan bibit kambing

Hal pertama tentu saja adalah pemilihan bibit yang baik. Jika Anda memilih kambing jenis etawa, pilihlah betina yang berbobot 20 kg, sementara kambing sanen dan varian lainnya mempunyai berat ideal sekitar 40 kg ke atas.

  1. Kambing sehat

Saat memilih, pilihlah kambing yang punya moncong basah, mata bersinar, lincah, nafsu makan normal, dan tak ada cacat.

  1. Bentuk ambing
Baca Juga:  Penyebab Produksi Ayam Petelur Menurun dan Panen Kurang Maksimal

Bentuk ambing yang besar dan bulat akan bisa menghasilkan susu dalam jumlah banyak.

  1. Pakan untuk produksi susu

Pakan yang berkualitas sangat berpengaruh pada produksi susu yang dihasilkan oleh kambing Anda. Berilah makan kambing 2 kali sehari, sebanyak 10% dari berat kambing. Jangan lupa beri 2,5 liter air. Berikut adalah beberapa jenis pakan yang sebaiknya Anda berikan kepada kambing perah:

  • Pakan hijau, yaitu pakan dari dedaunan dan rumput hijau yang tidak beracun. Contohnya adalah rumput gajah, daun ketul sapi, dan daun sengon.
  • Pakan tambahan, contohnya adalah gula jawa, singkong, kulit kedelai, dan masih banyak lainnya. Selama mencukupi kebutuhan protein, karbohidrat, dan nutrisi lain yang dibutuhkan.
  1. Sanitasi

Untuk menghasilkan susu yang sehat, juga Anda harus memastikan bahwa kandang tempat kambing berada bersih. Lakukan pembersihan rutin tiap sore hari, pastikan bahwa kandang yang mereka tempati selalu kering, tidak lembap, mendapatkan sirkulasi udara, dan juga jangan bersihkan kandang ketika mereka makan. Satu lagi adalah, ketika Anda sudah memerah susu kambing, lakukan teknik seperti pasteurisasi untuk memastikan susu yang dihasilkan steril.

Loading...
Loading...