Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Berbisnis Bibit Jamur Merang

Pertanianku— Pembudidaya jamur merang skala kecil umumnya membutuhkan pemasok bibit karena mereka tidak membibitkan sendiri. Pelaku usaha yang membibitkan sendiri biasanya merupakan pelaku usaha dengan skala yang besar. Oleh karena itu, berbisnis bibit jamur merang masih terbilang cukup berpotensial untuk digeluti.

bibit jamur merang
foto: Pertanianku

Namun, sebelum benar-benar terjun dalam bidang bisnis bibit jamur merang, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu.

Perhatikan kedaluwarsa bibit

Bibit jamur merang memiliki masa kedaluwarsa yang cukup cepat. Agar bibit tersebut tidak terbuang sia-sia, Anda perlu menyiapkan bibit sesuai dengan pesanan agar bibit yang sudah dipanen dapat langsung dibudidayakan.

Petani jamur merang perlu menyiapkan sarana dan prasarana budidaya seperti media tumbuh sebelum bibit ditanam. Petani setidaknya membutuhkan waktu selama 2—3 minggu sebelum tanam. Oleh karena itu, biasanya petani sudah memesan pada pembibit jamur bersamaan dengan persiapan sarana. Dengan begitu, petani akan mendapatkan bibit yang sudah siap tanam.

Jangan menjual bibit yang sudah tua

Janan pernah menjual bibit yang sudah tua, yakni bibit yang berusia lebih dari tiga minggu setelah botol media terisi penuh dengan miselium. Begitu pun dengan bibit yang sudah terkontaminasi. Jika hal tersebut tetap dilakukan, petani akan kecewa dengan kualitas bibit yang dijual dan secara otomatis Anda dapat kehilangan konsumen.

Memiliki kumbung

Untuk Anda yang tertarik menggeluti bidang bisnis bibit jamur merang, sebaiknya persiapkan juga rumah kumbung. Rumah kumbung tersebut berfungsi menampung bibit jamur yang tidak terjual. Dengan begitu, kerugian yang Anda dapatkan tidak begitu besar karena bibit-bibit yang tidak laku tidak terbuang sia-sia dan dibudidayakan menjadi jamur merang siap konsumsi.

Selain mencegah kerugian akibat bibit tidak terjual, rumah kumbung juga berguna sebagai tempat pengujian bibit yang dihasilkan untuk mengetahui kualitas bibit tersebut masih baik atau sudah mengalami penurunan sifat genetik.

Baca Juga:  Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Panen Mangga

Menjalin komunikasi dengan penyuluh jamur

Anda perlu menjalin hubungan yang baik dengan penyuluh jamur agar memiliki informasi mengenai budidaya jamur yang baik. Informasi tersebut berguna untuk mengedukasi dan memberi masukan kepada petani saat menghadapi permasalahan. Pembibit juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan petani jamur kecil agar makin banyak jumlah konsumennya.


loading...