Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membuat Kandang untuk Beternak Burung Murai

    Pertanianku — Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan saat ingin membangun kandang burung murai, yaitu ukuran dan bahannya. Bahan yang digunakan sangat bergantung pada modal yang dimiliki dan ketersediaan bahan baku di lokasi pembuatan.

    kandang burung murai
    foto: Oleh K. W. Bridges – http://www.botany.hawaii.edu/Biology101/lab/Lab01/birds/campus_birds.htmTransferred from en.wikipedia. Original uploader was Horncomposer at en.wikipedia, Domain Publik, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=1698356

    Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan burung murai di dalam kandang saat ingin membuat kandang burung murai. Berikut ini beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan saat ingin membuat kandang burung murai.

    Ukuran kandang

    Loading...

    Dalam pembuatan kandang yang ideal, Anda harus mengukur kandang agar burung bisa bergerak bebas dan mampu menghasilkan anakan burung yang berkualitas jika burung murai dipelihara untuk diternakkan. Semakin besar ukuran kandang, semakin baik untuk digunakan sebagai penangkaran, terutama untuk burung unggulan yang akan dikonteskan dan pernah juara.

    Saat menentukan ukuran kandang, Anda harus memerhatikan panjang ekor burung. Kandang yang besar dapat menjaga keutuhan ekor burung yang merupakan salah satu daya tarik burung murai. Kandang yang kecil lebih rentan menyebabkan ekor burung rusak dan patah.

    Murai memiliki kebiasaan berkicau sambil bergerak sehingga kandang yang besar tidak akan membatasi pergerakan dan burung merasa lebih nyaman. Untuk meningkatkan kenyamanan, Anda bisa menambahkan pohon kecil di dalam pot atau membuat kolam kecil yang bisa dijadikan tempat mandi.

    Kandang yang berukuran besar dapat menjaga bentuk tubuh burung agar tidak mengalami kegemukan karena burung dapat bergerak bebas.

    Bahan kandang

    Bahan kandang bisa menggunakan bahan yang ada di sekitar Anda. Bahan yang akan digunakan sebaiknya tidak sulit untuk didapatkan agar tidak merepotkan proses pembuatan. Pada dasarnya, kandang harus dibuat agar burung bisa merasa nyaman, terlindungi, dan tidak mudah terluka.

    Baca Juga:  Jenis Sangkar Burung yang Biasa Digunakan Pehobi Burung

    Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat kerangka kandang adalah kaso, kayu, dan bambu. Bahan yang biasa digunakan uutuk penangkaran burung murai adalah bata merah dan batako. Sementara itu, untuk sekat, bahan yang biasa digunakan adalah tripleks, papan, dan lempengan kayu.

    Utntuk bagian atas dan depan kandang penangkaran bisa menggunakan kawat ayam agar kondisi di dalam kandang bisa terlihat lebih jelas.

    Loading...
    Loading...