Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Ikan Hias

Pertanianku— Pehobi yang benar-benar menyukai ikan hias pasti akan mempersiapkan segala sesuatu dengan matang sebelum membelinya. Pasalnya, memelihara ikan hias merupakan komitmen yang perlu Anda lakukan. Hal ini dikarenakan ikan yang dipelihara sangat bergantung pada pemiliknya, mulai dari urusan pakan hingga masalah kesehatannya.

memelihara ikan hias
foto: Pixabay

Oleh karena itu, pastikan dengan benar-benar komitmen Anda sebelum memutuskan untuk memelihara ikan hias. Jangan sampai hanya ikutan tren atau orang lain saat ingin memelihara tanpa mengetahui dengan pasti hal apa saja yang harus dilakukan.

Selain komitmen, masih ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memelihara ikan, simak ulasannya berikut ini.

Kondisi keuangan

Selama masa pemeliharaan, Anda perlu menyediakan tempat hidup yang nyaman, peralatan pelengkap, pakan, obat, hingga vitamin selama ikan hidup. Semua hal tersebut sangat memengaruhi kondisi keuangan Anda. Seperti kondisi tempat hidup, Anda perlu rajin merawatnya agar tidak mengalami perubahan yang dapat membahayakan ikan.

Besaran anggaran yang dibutuhkan bergantung pada jenis ikan yang Anda pilih. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu jenis ikan dan kondisi keuangan.

Luas rumah

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah luas rumah karena hal ini akan berkaitan dengan tempat tinggal alias kolam atau akuarium yang nyaman untuk ikan. Jangan sampai Anda memilih ikan koi, tetapi luas lahan yang akan dibangun untuk membangun kolam tidak mencukupinya.

Cari infomasi sebanyak-banyaknya

Setiap jenis ikan membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Mulai dari jenis pakan hingga kondisi kolam yang akan digunakan. Oleh karena itu, penting sekali mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jenis ikan yang akan dipelihara agar keindahan ikan hias tersebut dapat terpancar.

Selain itu, perawatan ikan yang benar dapat meminimalisir permasalahan yang kemungkinan dapat timbul, seperti penyakit, serangan hama, bahkan kematian.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Anda Perhatikan Setiap Harinya dari Tingkah Laku Ikan Lele