Hal yang Perlu Dilakukan Saat Tanaman Mangga Sedang Berbunga

Pertanianku — Merawat tanaman mangga harus dilakukan sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman, misalnya fase vegetatif dan generatif. Pada tiap fase pertumbuhan tersebut tanaman membutuhkan perlakuan dan asupan unsur hara yang berbeda-beda karena tujuan pertumbuhannya juga berbeda. Begitupun ketika tanaman mangga sedang berbunga, Anda perlu memberikan perawatan yang berbeda agar bunga tersebut bisa berkembang dengan baik.

tanaman mangga sedang berbunga
foto; Pixabay

Setelah fase berbunga, tanaman akan masuk fase berbuah. Itu sebabnya pada fase ini tanaman mangga perlu dirawat secara maksimal. Jika tanaman tidak rawat dengan baik, bunga tanaman akan mudah rontok dan buah mangga yang dihasilkan menjadi lebih sedikit.

Berikut ini beberapa langkah perawatan yang perlu Anda lakukan saat tanaman mangga sedang berbunga.

Tanam dua pohon mangga

Tanaman mangga perlu melakukan penyerbukan silang. Itu sebabnya tanaman mangga membutuhkan tanaman lainnya yang berada pada satu lingkungan yang sama. Apabila hanya ada satu tanaman mangga dalam lingkungan tersebut, kemungkinan besar bunga mangga akan rontok karena tidak terjadi proses penyerbukan.

Berikan pupuk dan nutrisi

Pupuk dan nutrisi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan bunga. Oleh karea itu, Anda perlu memberikan pupuk dan nutrisi secara rutin pada tanaman mangga yang sedang berbunga. Suplemen tersebut dapat mencegah kerontokan bunga dan meningkatkan hasil panen yang akan didapatkan. Dosis pupuk yang diberikan harus sesuai dengan anjuran, Anda bisa menyimaknya di sini.

Lindungi bunga dari hama wereng

Hama wereng termasuk musuh saat bunga tanaman mangga sedang tumbuh. Wereng dapat membuat bunga tanaman mangga rontok. Untuk mengidentifikasi keberadaannya, Anda perlu memeriksa bagian ujung bunga. Jika pada bagian tersebut terlihat ada hama wereng, segera basmi dengan pestisida. Gunakan pestisida sesuai dengan anjuran, jangan sampai berlebihan.

Baca Juga:  Kementan Dukung Lido World Garden sebagai Agro Eduwisata Terbesar di Asia Tenggara

Lalat buah

Hama selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah lalat buah. Lalat buah biasanya datang menghampiri saat putik buah mangga muncul. Lalat buah wajib diwaspadai karena dapat menyebabkan buah yang dihasilkan membusuk dengan cara menusukkan telunya ke dalam buah. Lalat buah dapat ditangkap dengan menggunakan jebakan yellow trap atau batang pisang yang sudah dilumuri dengan oli.