Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Benih


Pertanianku — Keinginan untuk memiliki kebun kecil di halaman rumah pasti ada di dalam diri kita. Dan, kita ingin membeli bibit terbaik untuk mewujudkan itu semua. Namun, banyak dari kita gagal mencapai kesuksesan dalam membuat kebun impian. Itu mungkin karena terdapat kesalahan saat membeli benih.

membeli benih
Foto: Shutterstock

Saat membeli bibit, kita perlu berhati-hati terhadap kualitas yang kita beli. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips untuk membeli benih.

  1. Beli dari penjual regional

Cobalah untuk membeli benih di salah satu toko yang ada di wilayah Anda karena mereka pasti memiliki benih yang sesuai untuk wilayah tempat Anda tinggal. Sebab, kondisi iklim bervariasi dari satu tempat ke tempat lain dan tidak semua tanaman tumbuh subur dalam segala kondisi.

  1. Periksa jumlah benih dalam kemasan

Periksa jumlah biji pada masing-masing bungkus yang harganya tidak sesuai. Hal ini sangat penting agar uang yang Anda keluarkan tidak sia-sia.

  1. Periksa tanggal kemasan

Semakin segar bijinya, maka semakin baik panennya. Untuk memastikan bahwa Anda membeli benih yang tidak kedaluwarsa, maka periksa tanggal kemasannya. Tanggal harus pada saat tahun berjalan, atau kurang dari satu tahun dari tanggal kadaluwarsanya.

  1. Jangan membeli berlebihan

Kendalikan diri Anda saat membeli benih dan belilah apa yang Anda butuhkan, atau lebih baik lagi jumlah yang bisa Anda kelola. Jika Anda seorang pemula, maka sebaiknya mulai dengan satu atau dua varietas.

  1. Baca petunjuk pada bungkus

Selalu baca petunjuk yang tertera pada kemasannya. Instruksi itu ada untuk kepentingan Anda dan perlu diperhatikan. Mengikuti petunjuk bisa membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tips membeli benih memang banyak, tapi Anda harus sadar akan apa yang Anda beli. Anda juga perlu memastikan apa yang Anda bayar untuk karena Anda akan menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk memperoleh hasil yang baik.

Baca Juga:  3 Kecamatan di Bantul Masih Hadapi Masalah Kekeringan
loading...
loading...