Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menanam Mangga

Pertanianku— Proses menanam sangat menentukan keberhasilan tumbuh tanaman. Bila proses tersebut dilakukan dengan benar, kemungkinan besar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, jangan terburu-buru ketika sedang melakukan proses menanam, lakukan dengan cara yang benar. Proses menanam mangga memang tidak sulit. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui, simak ulasan berikut ini.

menanam mangga
foto: Pertanianku

Waktu menanam yang tepat

Menanam bibit mangga sebaiknya dilakukan pada musim hujan sehingga Anda tidak perlu menyiram. Selain itu, ketika siang hari udara tidak begitu panas. Kondisi tersebut dapat mengurangi tingkat kematian tanaman yang baru ditanam. Penanaman lebih baik dilakukan pada sore hari agar bibit tidak layu.

Kondisi akar bibit

Saat menanam sebaiknya akar tersebar seperti keadaan aslinya. Akar tunggang tanaman jangan sampai membengkok. Jika akar tunggang terlalu panjang, Anda bisa memotongnya sehingga tidak bengkok ketika ditanam.

Daun bibit

Potonglah sepertiga daun untuk menghindari penguapan yang berlebihan. Demikian juga ujung batang, dipotong untuk mengurangi panjangnya.

Jangan sampai ada ruang kosong di dalam tanah

Berikan tanah sedikit demi sedikit sehingga tanah bisa masuk di antara akar. Jangan sampai ada ruang kosong di dalam antara akar dan tanah karena udara tersebut dapat menyebabkan akar menjadi kering.

Tanamlah sampai leher akar dan berikan tekanan pada tanah sedikit demi sedikit agar tanah bisa masuk ke akar. Namun, jangan terlalu menekannya dengan keras karena bisa menyebabkan akar menjadi rusak dan tanah menjadi terlalu padat. Setelah selesai, siram hingga benar-benar basah.

Berikan peneduh

Bibit yang baru ditanam memerlukan peneduh, Anda bisa membuatnya dari daun kelapa, alang-alang, atau lainnya sehingga tanaman tidak terkena sinar matahari secara langsung. Peneduh digunakan hingga tanaman berumur 2—3 minggu atau ketika tanaman sudah benar-benar hidup.

Baca Juga:  Teknologi BPRL Sukses Tingkatkan Hasil Petani di Cirebon

Pelepasan peneduh harus dilakukan sedikit demi sedikit. Awalnya, peneduh dibuat sampai pukul 10:00, kemudian hari berikutnya sampai pukul 12:00, hari berikutnya sampai pukul 14:00, dan selanjutnya peneduh sudah bisa dibuka selamanya.