Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membangun Rumah Sarang Walet

Pertanianku — Saat membangun rumah sarang walet, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, pembangunan rumah sarang walet membutuhkan modal. Jika tidak dilakukan dengan perhitungan yang matang, malah akan menyebabkan kerugian untuk usaha Anda.

rumah sarang walet
foto: pertanianku

Sentra walet tidak dapat menjamin prospek usaha besar meskipun di lokasi tersebut sudah menjadi pusat koloni walet yang berjumlah ratusan ribu atau bahkan jutaan ekor. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan beberapa hal sebelum membangun rumah sarang walet.

Terkadang, lebih baik membangun rumah walet di lokasi sentra kecil atau sentra berukuran sedang tetapi jumlah rumah waletnya masih relatif sedikit. Hal ini dikarenakan tingkat persaingan yang tidak begitu ketat dibanding lokasi sentra padat atau lokasi yang sangat padat.

Bila Anda memilih membangun gedung di lokasi yang padat atau sentra yang sudah sangat padat, gedung baru kemungkinan akan kalah bersaing. Hal ini sering dialami oleh pemain baru yang terjebak di tengah padatnya gedung walet.

Perkirakan jumlah populasi walet

Populasi jumlah burung walet dapat dihitung meskipun perhitungan tersebut berisiko salah. Ada beberapa teknik menghitung walet di sebuah gedung, yakni menghitung jumlah sarang, menghitung secara visual, dan menghitung dengan bantuan alat hitung.

Cari informasi mengenai hasil produksi

Tidak semua pemilik rumah walet mau menceritakan hasil produksi karena berkaitan dengan masalah keamanan dan besarnya pajak. Namun, terkadang ada juga pemilik gedung yang menceritakan hasil produksinya. Informasi hasil produksi sarang dapat menjadi data tambahan untuk rencana pembangunan rumah baru di lokasi tersebut.

Pakan dan kelestarian lingkungan

Data lain yang perlu Anda kumpulkan ketika ingin membangun rumah walet yang baru adalah kekuatan sumber pakan walet di sekitar lokasi. Sumber pakan harus mampu menyediakan pakan walet dalam jangka waktu yang panjang. Kekuatan sumber pakan walet mencakup hamparan sawah yang luas, pengairan yang cukup, areal perkebunan yang subur, atau kawasan hutan yang hijau.

Baca Juga:  Langkah-langkah Budidaya Tanaman Stevia

Informasi tata kelola/kebijakan pemerintah daerah

Tak ada salahnya, Anda mendapatkan data mengenai kebijakan pemerintah daerah setempat untuk mengatur tata kota pada sepuluh tahun ke depan. Hal ini sangat penting mengingat kelestarian budidaya walet sangat bergantung pada kesuburan alam di sekitar lokasi.