Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Bertanam Tabulampot


Pertanianku — Tabulampot merupakan metode penanaman tananam buah yang dilakukan di pot. Karena problematika keterbatasan lahan, solusi inilah yang tepat untuk diaplikasikan. Lantas, apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan kegiatan bertanam tabulampot?

bertanam tabulampot
Foto: Dok. Pertanianku

Tabulampot selain menjadi suatu solusi dari masalah sempitnya lahan, bisa menjadi suatu yang memiliki nilai estetika. Ada beberapa jenis tanaman buah yang bisa ditanam dengan menggunakan metode jenis ini. Namun, sayangnya terkadang tidak bisa menghasilkan buah.

Beberapa tanaman yang biasanya berbuah adalah kelengkeng, saawo, jeruk, manggis, duku, dan juga jambu. Untuk alpukat, masih sulit untuk berbuah jika ditanam menggunakan metode tabulampot.

Anda bisa menggunakan bibit vegetatif untuk budidaya tanaman ini karena akan membuat tanaman Anda mudah diprediksi dan cepat berbuah. Selain itu, dengan bibit ini akan lebih subur dan kuat. Jangan lupa menyiram tanaman secara teratur agar kesuburan tanaman tetap terjaga.

Pemberian pupuk yang berkala juga akan memengaruhi kesuburan tanaman agar bisa lebih cepat berbuah dan membuat rumah Anda menjadi rindang dan cantik dengan pemandangan berbagai macam buah dalam pot.

Bagi Anda yang hobi menanam, juga bisa membisniskan tanaman ini. Tentunya, penghasilan yang Anda dapat dari bisnis tabulampot cukup menjanjikan. Tabulampot yang berhasil dikembangkan yang telah berhasil berbuah dengan sedikit modifikasi sangat laku di pasaran.

Anda juga bisa menjadikan tanaman ini sebagai dekorasi eksterior dari rumah. Pertumbuhan buah juga tidak dipengaruhi oleh musim. Metode penanaman seperti ini sangat ramah lingkungan. Penanggulangan bakteri dan hama dapat dikontrol dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan buah tanpa pestisida.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Jengkol di Lahan Sempit