Hallerbos, Hutan yang Tampak Seperti di Negeri Dongeng


Pertanianku — Hutan diklaim sebagi paru-paru bumi yang juga menjadi tempat tinggal berbagai macam flora dan fauna. Akan tetapi, di dunia nyata ini apakah ada hutan yang tampak seperti di negeri dongeng?

hutan yang tampak seperti di negeri dongeng
Pixabay

Setiap hutan memiliki keunikan masing-masing, misalnya ditumbuhi dan dihinggapi hewan yang beragam. Ada juga karakteristik hutan yang bisa memanjakan mata. Seperti Hallerbos, hutan satu ini ditumbuhi tanaman layaknya hutan di negeri dongeng.

Hallerbos merupakan hutan di Belgia yang sangat indah bak negeri dongeng pada pertengahan April dan sepanjang Mei. Di bulan-bulan tersebut, hutan ini berubah menjadi “Hutan Biru”.

Bayangkan saja, di hutan ini terdapat jutaan bunga bluebell mekar menutupi tanah sejauh mata memandang. Hutan dengan bluebell memang banyak di Eropa, tapi yang membuat Hallerbos unik ialah kerapatan bunga yang membuat dataran terlihat seperti karpet berwarna biru.

Taman alam seluas 569 hektare itu berada di Kota Halle, Belgia. Waktu terbaik untuk mengunjungi hutan ini pada pertengahan April. Namun demikian, waktu berbunga juga dipengaruhi oleh cuaca. Misalnya, jika akhir Maret sangat hangat, maka bluebell bisa muncul pada awal April.

Situs resmi Hallerbos Forest mengunggah pemberitahuan jika bluebell akan mekar. Adanya pemberitahuan itu membuat Anda bisa mengunjungi tempat yang indah ini di waktu yang tepat. Satu hal yang harus diingat saat mengunjungi Hallerbros adalah beristirahat di jalur jalan yang sudah ditandai dengan jelas.

Bluebell sangat rapuh maka jika menginjaknya dapat menyebabkan kerusakan parah. Agar hutan ini terlihat bersih, Anda dilarang untuk melewati batas jalur yang sudah ada, bahkan saat mengambil foto, Anda harus berada di dalam jalur.

Sayangnya, tidak semua orang mematuhi peraturan sederhana ini. Tahun ini, pemerintah yang bertanggung jawab atas Hutan Hallerbos mengumumkan bahwa wisatawan telah menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Baca Juga:  Dampak dan Perkembangan Tanaman Transgenik

“Sekarang ada banyak ruang kosong yang disebabkan bunga teriinjak-injak. Begitu banyak keindahan yang telah hancur di hutan ini. Jangan menghancurkan alam,” tulis mereka.